Ngabuburit, Mengenal Masjid KH Muhammad Hasan di Banjarnegara Berusia Ribuan Tahun

- 5 April 2022, 17:10 WIB
Masjid KH. Muhammad Hasan di Desa Mantrianom, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara dengan keunikan dan filosofinya
Masjid KH. Muhammad Hasan di Desa Mantrianom, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara dengan keunikan dan filosofinya /doc. Pon Pes Alif Baa

BANJARNEGARAKU – Jika kita melancong ngabuburit ke Pondok Pesantren Alif Baa di Desa Mantrianom, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah kita akan menjumpai Masjid menyerupai bangunan kuno.

Diberinama Masjid KH. Muhammad Hasan, masjid unik yang kharismatik beratapkan ijuk kelapa dan berdinding batu ini dibangun menggunakan kayu ini menyimpan sejarah yang luar biasa.

Pengasuh Pondok Pesantren Alif Baa, Khayatul Maki mengatakan ada 13 kayu yang digunakan sebagai tiang penyangga masjid.

Baca Juga: Sosok Ngadiman, Warga Banjarnegara yang Sudah 118 Kali Mendonorkan Darahnya Untuk Kemanusiaan

Menjadi lebih spektakuler lagi karena umurnya sudah 650 tahun, tak hanya itu kayu yang ada di bagian imam masjid bahkan telah berusia hingga 1.200 tahun.

“Tiang masjid itu berusia 650 tahun menurut tim apresial yang ahli dalam bidang kayu, kalau kayu yang ada di pengimaman umurnya sudah 1.200 tahun makanya sudah mengkristal dan disana sudah diukir oleh alam keindahannya,” ujarnya.

Baca Juga: Ada Pesantren Ramadhan di Rutan Banjarnegara, Berlangsung selama Ramadhan 1443 H, Begini Selengkapnya

Gus Khayat sapaan akrabnya menambahkan, tak mudah untuk mendapatkan kayu yang telah berusia ratusan hingga ribuan tahun tersebut.

Dia harus berburu kayu dan berkeliling ke berbagai daerah di pulau Jawa hingga beberapa tahun lamanya, karena sebagian besar kayu ia yang dapatkan dalam keadaan sudah terkubur di dalam tanah.

Halaman:

Editor: Dimas D. Pradikta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x