Sejarah Napak Tilas Pangeran Diponegoro Hingga Resmikan Pondok Modern di Dusun Brangkal

- 18 Mei 2022, 20:32 WIB
Sejarah Napak Tilas Pangeran Diponegoro Hingga Resmikan Pondok Modern di Dusun Brangkal
Sejarah Napak Tilas Pangeran Diponegoro Hingga Resmikan Pondok Modern di Dusun Brangkal /Teguh/Banjarnegaraku

BANJARNEGARAKU - Sejarah napak tilas Pangeran Diponegoro hingga peresmian pondok modern Diponegoro di Dusun Brangkal, Desa Klopogodo, Kecamatan Gombong, Kabupaten Kebumen.

Pondok modern Diponegoro merupakan cita-cita lama dari Kepala Madrasah (Kamad) MI Muhammadiyah Klopogodo tahun 2007 dan dilanjutkan oleh Kamad periode berikutnya pada tahun 2018 dibawah pimpinan Mohammad Nurwahid, S. Pd.

"Awal didirikannya pondok pesantren modern Diponegoro sebanyak 18 anak dan hingga tahun pelajaran 2021-2022 sebanyak 48 anak yang terdiri dari berbagai tingkatan kelas," ungkap Nurwahid.

Baca Juga: Keren! 20 Film Dokumenter Karya Guru Banjarnegara Diputar, Berikut Link Nonton Selengkapnya

Pondok modern Diponegoro tidak terlepas dari sejarah napak tilas Pangeran Diponegoro, dimana pernah singgah di Dusun Brangkal Desa Klopogodo.

Hal tersebut terlihat dengan adanya bangunan masjid dengan bangunan khas adanya penyangga 4 tiang kayu yang sampai sekarang masih berdiri kokoh di Dusun Brangkal.

Masjid ini dikenal dengan nama Nurul Huda kurang lebih berdiri tahun 1816 dan tercatat dalam cagar budaya di Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen.

Baca Juga: Kunci Jawaban Kelas 5 SD MI Tema 9 Halaman 3, Mengenal Iklan Resik Mesin Cuci

Sejarah dan mimpi panjang dari Sekolah Alam MI Muhammadiyah Klopogodo terlaksana dan yang sedianya diresmikan oleh Bupati Kebumen diwakili oleh Drs. Maskhemi, M.Pd Asisten Adminitrasi Sekretaris Daerah Kebumen pada hari Rabu, 18 Mei 2022.

Halaman:

Editor: Dimas D. Pradikta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x