Jelang Idul Adha 2022, Ada Juleha Manis di RSI Banjarnegara, Simak Selengkapnya

- 5 Juli 2022, 11:35 WIB
Jelang Idul Adha, RSI Banjarnegara Fasiltasi Pelatihan Juru Sembelih Halal dan Higienis
Jelang Idul Adha, RSI Banjarnegara Fasiltasi Pelatihan Juru Sembelih Halal dan Higienis /Dok RSI Banjarnegara

BANJARNEGARAKU.COM – Jelang pelaksanaa kurban tahun 2022, RSI Banjarnegara menyelenggarakan kegiatan pelatihan bagu juru sembelih yang ada di wilayah Banjarnegara.

Kegiatan pelatihan bertajuk Juleha Manis atau pelatihan juru sembelih halal, aman dan higienis akan diadakan pada Rabu 6 Juli 2022 esok.

Dilansir dari laman RSI Banjarnegara, kegiatan pelatihan tersebut akan diikuti oleh juru sembelih hewan di 20 desa yakni Bawang, Joho, Binorong, Mantrianom, Bandingan, Blambangan, Winong, Gemuruh, Semarang, Masaran, Watu Urip, Majalengka, Gentansari, Ampelsari, Pucang, Tapen, Wanadadi, Punggelan, Wiramastra dan Wangon.

Baca Juga: Permasalahan Pekerja Perempuan Jadi Pekerjaan Serius, Berikut yang Dilakukan Pemerintah Kecamatan Batur

Direktur RSI Banjarnegara Agus Ujianto mengatakan, higienis dan aman secara kesehatan adalah salah satu hal mendasar dalam proses pengolahan daging, dan salah satu titik kritis kehalalan daging adalah pada saat penyembelihannya.

Juru sembelih halal harus memiliki kompetensi teknis, mampu membedakan hewan halal, mampu mengenali tanda kehidupan pada hewan yang akan disembelih.

Selain itu juga mampu melakukan tindakan penyembelihan sesuai syariat Islam, dan mampu mengenali tanda-tanda kematian.

Baca Juga: Satukan Tekad Tingkatkan Performa dan Prestasi, Pramuka Banjarnegara Atas Bersiap Lakukan Inovasi

Proses penyembelihan harus memenuhi dua aspek sekaligus, yakni aspek kehalalan dan aspek kesejahteraan ternak, sehingga dihasilkan daging yang halal dan thoyib.

Halaman:

Editor: M. Alwan Rifai


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x