Panas bagaikan di Neraka, Ada Apa dengan Suhu di Indonesia, Begini Penjelasan BMKG

- 10 Oktober 2023, 04:17 WIB
Ilustrasi - Prediksi suhu panas tertinggi di 5 kota besar Pulau Jawa 1-6 Oktober 2023 dari Jakarta, Bandung hingga Surabaya.
Ilustrasi - Prediksi suhu panas tertinggi di 5 kota besar Pulau Jawa 1-6 Oktober 2023 dari Jakarta, Bandung hingga Surabaya. /Dwi Widiyastuti/Pixabay/GerdAltmann

BANJARNEGARAKU.COM – Panas menyenggat akhir-akhir ini terasa di seluruh wilayah Indonesia.” Panasnya bagikan di neraka,” begitu celoteh warga yang tidak kuat jika keluar rumah di siang hari.

Cuaca yang sangat panas tentu menyebabkan orang merasa tidak nyaman. Banyak orang bertanya-tanya musim apakah ini?  Suhu panas begitu ekstrim dan berkepanjangan.

Ini pernyataan BMKG terkait pertanyaan Warga Negara Indonesia yang bingung menghadapi kondisi cuaca di negeri tercinta ini. Sebab, akhir-akhir ini cuaca di Indonesia sedang gerah. Di sejumlah daerah, termasuk di Kota The Weather is Hot Potato-Potatoes (udarane panas kentang-kentang). Itu ada ungkapan warga Kota Semarang dan hinterland-nya jika cuaca sedang panas-panasnya. "Panase kentanhg-kentang," kata wong Semarang.

Jawaban BMKG mengapa the weather is hot potato-potates. "  Indeks ultraviolet (UV) sinar matahari memang sedang kencang-kencangnya," kata Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), melalui @Infobmkg, laman Instagram resminya. Diprediksi, paparan panas matahari masih akan terasa beberapa hari ke depan.

Baca Juga: Gak Bahaya Ta? Detik-Detik Pemotor Masuk Tol di Semarang. Emak-Emak Memang Gak Ada Takutnya

Pada pukul 07.00 WIB, wilayah timur Indonesia, mencakup Papua dan Maluku, akan mengalami paparan sinar ultraviolet yang 'moderate' dengan risiko bahaya sedang.

Dianjurkan warga setempat untuk berada di tempat teduh. Jika berada di luar ruangan, hendak memakai topi dan menerapkan tabir surya dengan SPF 30+.

Sementara itu, wilayah Indonesia lainnya terpantau masih akan berstatus 'low', dengan risiko bahaya rendah.

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x