Gerhana Cincin Api di Amerika, Indonesia Bisa Nonton Live Streaming NASA

- 13 Oktober 2023, 12:17 WIB
Gerhana Matahari Cincin Api pada 14 Oktober 2023
Gerhana Matahari Cincin Api pada 14 Oktober 2023 /Brave/PBS

BANJARNEGARAKU.COM - Gerhana matahari istimewa akan melintasi sebagian Amerika. Gerhana yang dinamakan Cincin Api akan tampak dari Pasifik Utara hingga berakhir di Atlantik di Selatan. Gerhana Cincin Api bisa disaksikan di seluruh dunia melalui live YouTube, X, dan Facebook yang akan disiarkan oleh NASA, lembaga luar angkasa Amerika. 

Gerhana Matahari Cincin Api akan terjadi di Oregon sekira pukul 8 pagi PDT (The Pacific Daylight Time). Bulan akan menutup matahari namun tidak seluruhnya seperti Gerhana Matahari Total, sehingga menimbulkan gelap malam pada siang hari. Gerhana Matahari Cincin Api, bulan berada posisi menutup Matahari namun di bagian tepi sinar Matahari masih menembus sehingga bisa membentuk lingkaran (cincin). 

Baca Juga: Prabowo Ketemu Kaesang, Ganjar Menginap di Kampung Nyalindung, Anies Bertemu PM Malaysia

NASA akan menyediakan siaran langsung melalui tautan berikut mulai Sabtu 14 Oktober 22.30 WIB

  • X atau Twitter (https://twitter.com/nasa)
  • Facebook (https://www.facebook.com/events/257401430535836)
  • Youtube (https://www.youtube.com/watch?v=LlY79zjud-Q).

Dilansir dari PBS.Org, Gerhana Matahari Cincin Api ini bisa disaksikan secara langsung oleh jutaan warga Amerika secara langsung. Gerhana ini akan terjadi pada lebar sekitar 130 mil (210 kilometer), dimulai dari Pasifik Utara dan memasuki AS melalui Oregon sekitar pukul 8 pagi PDT pada hari Sabtu. Puncak gerhana menjadi Cincin Api terjadi sekira satu jam kemudian. 

Dari Oregon, gerhana akan mengarah ke selatan melintasi Nevada, Utah, New Mexico dan Texas, meliputi sebagian Idaho, California, Arizona dan Colorado, sebelum keluar ke Teluk Meksiko di Corpus Christi. Dibutuhkan waktu kurang dari satu jam bagi lingkaran cahaya yang menyala-nyala untuk melintasi AS

Baca Juga: Kemarau Berangsur Usai, Hujan Mulai Turun Tingkatkan Kewaspadaan

Dari sana, cincin api akan melintasi Semenanjung Yucatan di Meksiko, Belize, Honduras, Nikaragua, Kosta Rika, Panama, Kolombia, dan, terakhir, Brasil sebelum akhirnya melintasi Atlantik.

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: berbagai sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x