Kemenparekraf Buka Suara Terkait Kecelakaan Jembatan Kaca The Geong Limpakuwus

- 27 Oktober 2023, 22:32 WIB
Ilustrasi Jembatan Kaca
Ilustrasi Jembatan Kaca /Brave/Yoyolang /picxabay

BANJARNEGARAKU.COM - Menteri Pariwisata, Sandiaga Uno buka suara supaya Jembatan Kaca di Limpakuwus Baturaden kabupaten Banyumas dievaluasi. Melalui keterangan tertulisnya pada Kamis 26 Oktober 2023, Sandiaga mendorong supaya atraksi wisata sejenis diperiksa keamanannya. Hal ini juga harus dilakukan tidak hanya di Banyumas namun juga di daerah lain. 

Baca Juga: Language and Arts Festival, Cara SMAN 1 Purwareja Klampok Banjarnegara Peringati Bulan Bahasa 2023

Seperti dalam pemberitaan luas di berbagai media, pada 25 Oktober 2023 telah terjadi kecelakaan di Wahana Jembatan Kaca The Geong yang berlokasi di Hutan Pinus Limpakuwus. Dua wisatawan terjatuh dari ketinggian sekitar 15 meter. Pada kejadian ini 1 orang wisatawan asal Cilacap tewas terjatuh setelah kaca yang dijadikan jembatan pecah. Sementara 1 lagi terluka dan dirawat di rumah sakit. 

Dampak kejadian ini Wisata Hutan Pinus Limpakuwus ditutup hingga waktu yang tidak ditentukan oleh pengelola. Pj Bupati Banyumas, Hanung Cahyo Saputro juga memerintahkan penutupan dan penyelidikan polisi, serta evaluasi tempat wisata Jembatan Kaca di seluruh Banyumas. 

"Kemenparekraf mendorong dilakukannya pemeriksaan serta evaluasi terkait kelayakan dan keamanan dari atraksi wisata maupun seluruh atraksi wisata sejenis yang terdapat di daerah-daerah lainnya, khususnya di Kabupaten Banyumas," kata Sandiaga.

Baca Juga: Panjang Umur Bisa Diciptakan, Hindari Makanan Agar Hidup Lebih Lama

Sandiaga menginginkan aspek keamanan dan keselamatan wisatawan harus menjadi prioritas bagi seluruh pelaku pariwisata. Harapannya insiden serupa tidak boleh terjadi lagi. Kemenparekraf beserta seluruh stakeholder akan meningkatkan sinergi untuk memastikan keselamatan dan keamanan wisatawan di seluruh destinasi wisata. 

"(Saya) mendorong penerapan protokol Cleanliness, Health, Safety & Environment Sustainability (CHSE) dengan ketat untuk mencegah terjadinya insiden serupa di masa mendatang," kata Sandiaga.

Mengenal CHSE, Standar SNI Kepariwisataan dari Kemenparekraf

Dilansir dari laman CHSE Kemenparekraf, Sertifikasi SNI CHSE adalah proses pemberian sertifikat kepada usaha pariwisata, usaha/fasilitas lain terkait pariwisata, serta destinasi pariwisata yang memenuhi standar SNI 9042:2021 yang telah ditetapkan dalam penilaian Sertifikasi SNI CHSE.

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: Kemenparekraf


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Formasi PPPK 2023 Provinsi Jambi

22 September 2023, 19:09 WIB

Formasi PPPK 2023 Kabupaten Brebes

22 September 2023, 19:02 WIB

Formasi PPPK 2023 Kabupaten Bengkulu Tengah

22 September 2023, 18:56 WIB

Formasi PPPK 2023 Kabupaten Sigi

22 September 2023, 18:37 WIB

Terpopuler

Kabar Daerah

x