Tidak Netral! Anies Baswedan Minta Pemerintah Tindak Kades yang Dukung Paslon Nomor 2 Prabowo-Gibran

- 24 November 2023, 22:30 WIB
Nomor Urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. Tidak Netral! Anies Baswedan Minta Pemerintah Tindak Kades yang Dukung Paslon Nomor 2 Prabowo-Gibran
Nomor Urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. Tidak Netral! Anies Baswedan Minta Pemerintah Tindak Kades yang Dukung Paslon Nomor 2 Prabowo-Gibran /Instagram @aniesbaswedan/

BANJARNEGARAKU.COM - Anies Baswedan, menyoroti dugaan dukungan politik dari ribuan kepala desa (kades) kepada pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam Pilpres 2024. Anies menyatakan hal ini sebagai ujian bagi pemerintah dalam menjaga netralitasnya.

Anies menekankan perlunya tindakan tegas terhadap penyimpangan tersebut, mengingat konsekuensi buruk yang mungkin timbul jika dibiarkan. Menurut Anies, ketidakdisiplinan terhadap pihak-pihak yang tidak menjaga netralitas dapat menciptakan preseden yang buruk.

Baca Juga: Usai Ditugaskan Golkar Maju di Pilkada DKI 2024, Akhirnya Ridwan Kamil Buka Suara Ini....

Dilansir banjarnegaraku.com dari Pembrita Bogor pada 23 November 2023, Anies Baswedan Minta Pemerintah Tindak Kades yang Dukung Paslon Nomor 2 Prabowo-Gibran.

Anies dalam sebuah diskusi di Surabaya mengungkapkan, pihaknya khawatir bahwa masalah netralitas ini dapat merambat lebih jauh jika tidak ditangani dengan serius oleh pemerintah.

Sebelumnya, delapan organisasi kepala desa yang tergabung dalam Desa Bersatu memberikan sinyal dukungan kepada Prabowo-Gibran. Muhammad Asri Annas, Koordinator Nasional Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI), menyebut pasangan tersebut sebagai yang "peduli dengan desa."

Baca Juga: UKW Angkatan ke-39, PWI Jateng Gandeng SKK Migas dan KKKS Jabanusa, 18 Wartawan Dinyatakan Kompeten

Namun, Annas menyatakan hati-hati dalam memberikan dukungan secara tegas, mengingat aturan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu yang melarang kepala desa menguntungkan atau merugikan peserta Pemilu.

"Kalau mau memberikan dukungannya penuh kepada capres atau cawapres, tidak harus deklarasi kalau kami mau." imbuh Annas.

Halaman:

Editor: Dimas D. Pradikta

Sumber: Pembrita Bogor


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x