Presiden Jokowi Sikapi Pengungsi Rohingya, Begini Realita Kecurigaan Tentang TPPO

- 9 Desember 2023, 13:18 WIB
Presiden Jokowi ungkap sikap pemerintah terhadap pengungsi Rohingya pada 8 Desember 2023
Presiden Jokowi ungkap sikap pemerintah terhadap pengungsi Rohingya pada 8 Desember 2023 /Brave/@jokowi / instagram

 

BANJARNEGARAKU.COM - Data pengungsi Rohingya di Indonesia hingga saat ini mencapai 1.478 orang Data ini disampaikan oleh Menko Polhukam Mahfud MD. Gelombang penolakan terhadap penempatan pengungsi di berbagai tempat di Aceh terus bergejolak. 

Presiden Jokowi akhirnya menyuarakan sikap pemerintah terhadap masalah ini pada Jumat 8 Desember 2023. Melalui instagram resmi @jokowi yang diunggah sore hari pada tanggal yang sama, Jokowi pada pidato singkat itu juga mencurigai adanya Tindak Pidana Perdagangan Orang dalam kasus pengungsi Rohingya ini. 

Baca Juga: Gunung Merapi Luncurkan APG Lagi, di Boyolali dan Magelang Terdampak Hujan Air Disertai Abu Vulkanik

"Saya memperoleh laporan mengenai pengungsi Rohingya yang semakin banyak yang masuk ke wilayah Indonesia terutama provinsi Aceh. Terdapat dugaan kuat ada keterlibatan jaringan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dalam arus pengungsian ini," kata Jokowi.

Dugaan ini bukanlah tanpa dasar. Pada 14 November 2023 telah mendarat 196 pengungsi Rohingya di pantai Kemukiman Kalee Gampong Batee Kecamatan Muara Tiga Kabupaten Pidie, Aceh. Ada enam orang dari rombongan kabur ke hutan. Satu orang tertangkap penduduk sekitar yang mengejar dan menyerahkan pada polisi. 

Polres Pidie mengungkap Husson Muktar (70) yang diserahkan para penduduk. Pria kelahiran Sokoreya Bangladesh ini tinggal di Corg Bazer, Moloi Para Word, Bangladesh. Dia pergi bersama pengungsi dan telah mempunyai card UNHCR No B0201762.

Baca Juga: Dana Desa Naik, Wabup Titip Anggarkan Untuk Penurunan Stunting dan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem

Dari pendalaman polisi, HM bersama Zahanger, Saber dan tiga orang lain yang tidak diketahui, diduga sebagai agen menyelundupkan orang ke wilayah Indonesia. 

Halaman:

Editor: Aris BRAVE

Sumber: ANTARA Instagram Jokowi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x