241.000 Jemaah Calon Haji Asal Indonesia Telah Siap Terbang ke Tanah Suci

- 6 Mei 2024, 15:15 WIB
Ilustrasi Jemaah calon haji.  (Tangkap Layar Ig@kemenag_ri)
Ilustrasi Jemaah calon haji. (Tangkap Layar Ig@kemenag_ri) /

BANJARNEGARAKU.COM - Di Tahun 2024 ini tercatat dari data di Kementerian Agama (Kemenag) menunjukkan 241.000 calon haji akan berangkat, terdiri dari 213.320 jemaah haji reguler dan 27.680 jemaah haji khusus. Jemaah calon haji asal Indonesia akan segera bertolak ke Arab Saudi untuk melaksanakan ibadah haji 1445 H.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Layanan Haji dalam Negeri Saeful Mujab bilang, proses pembagian kelompok terbang atau pembagian kloter haji dan penyusunan jadwal keberangkatan dan kepulangan jemaah sudah selesai. Dan untuk pemberangkatan Jemaah calon haji diberangkatkan secara bertahap.

Baca Juga: Ayo Sukseskan Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Purbalingga

"Kloter pertama akan mulai terbang pada 12 Mei 2024," kata dia di Jakarta, Ahad, 5 Mei 2024.

Dijelaskan Saeful, ada 14 asrama haji embarkasi di seluruh Indonesia yang bakal melayani pemberangkatan jemaah, yakni embarkasi Aceh (BTJ), Medan atau Kualanamu (KNO), Batam (BTH), Padang (PDG), Palembang (PLM), Jakarta Pondok Gede (JKG), Jakarta Saudia (CKG SV atau JKS), Kertajati (KJT), Solo (SOC), Surabaya (SUB), Lombok (LOP), Balikpapan (BPN), Banjarmasin (BDJ), dan Makassar atau Ujungpandang (UPG). Dibagi dua gelombang Kabah di Masdijilharam, Makkah, Arab Saudi.

Saeful menambahkan, keberangkatan jemaah dibagi dua gelombang, gelombang pertama pada 12—23 Mei 2024, sedangkan gelombang kedua 24 Mei—10 Juni 2024. Hari pertama, ada 22 kloter yang akan terbang ke Arab Saudi.

"Dua kloter dari embarkasi Jakarta–Pondok Gede, tiga kloter dari embarkasi Jakarta–Bekasi (JKS), lima kloter dari embarkasi Solo, lima kloter dari embarkasi Surabaya, serta masing-masing satu kloter dari embarkasi Batam, Palembang, Banjarmasin, Kertajati, Lombok, Makassar, dan Padang," kata dia menerangkan.

Baca Juga: Resep Kampungan: Kembang Kol Goreng Panir Si Kecil jadi Suka Sayur

"Jelang keberangkatan, saya mengimbau jemaah haji Indonesia untuk menjaga kesehatan dan kebugaran, cukup istirahat serta tidak terlalu banyak beraktivitas," ucapnya, dikutip dari laman resmi Kemenag.

Halaman:

Editor: Dian Sulistiono

Sumber: Pikiran-Rakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah