ASIAN GAMES 19 Hangzhou, Begini Upacara Pembukaan yang Bikin Takjub

- 25 September 2023, 03:18 WIB
Kaldron Asian Games Hangzhou dinyalakan bersama oleh juara renang Olimpiade Wang Shun dan pembawa obor digital saat upacara pembukaan Asian Games Hangzhou pada 23 September.
Kaldron Asian Games Hangzhou dinyalakan bersama oleh juara renang Olimpiade Wang Shun dan pembawa obor digital saat upacara pembukaan Asian Games Hangzhou pada 23 September. /Brave/ANTARA/Xinhua/Meng Yongmin

BANJARNEGARAKU.COM - Asian Games 19 Hangzhou sudah dibuka secara resmi pada Sabtu malam 23 September 2023. Upacara pembukaan diadakan di Stadion Pusat Olahraga Olimpiade Hangzhou yang berbentuk teratai di ibu kota Provinsi Zhejiang, Tiongkok timur. Pesta olahraga terbesar di benua Asia ini dibuka oleh Presiden Tiongkok Xi Jin Ping. 

Asian Games 19 Hangzhou akan berlangsung mulai 23 September hingga 8 Oktober. Asian Games 19 Hangzhou akan menampilkan 40 cabang olahraga, 61 disiplin ilmu, dan 481 cabang olahraga. Selain itu, ada 74 slot kuota Olimpiade Paris 2024 yang diperebutkan di sembilan cabang olahraga, termasuk panahan dan tenis.

Baca Juga: Patut Ditiru, GP Ansor Pakikiran Coba Bantu Masyarakat Kurang Mampu dalam Bidang Kesehatan

Tampilan upacara pembukaan (opening ceremony) membuat takjub dengan permainan lampu, koreografer, kostum, dan cerita yang dibuat untuk menyampaikan maksud, kemegahan, kemeriahan dan nilai-nilai yang diusung. 

Sebelum pertunjukan budaya, para atlet masuk dalam urutan abjad berdasarkan nama Komite Olimpiade nasional atau regional mereka. Kapten tim bola basket putri Yang Liwei dan juara dunia renang Qin Haiyang mengibarkan bendera nasional Tiongkok selama parade atlet. Penonton di stadion bangkit dan bersorak ketika delegasi Tiongkok masuk.

Dengan mengusung tema “Gelombang Pasang Surut di Asia”, air memainkan peran sentral sepanjang pertunjukan budaya. Pertunjukan ini melambangkan kenangan akan Sungai Qiantang, kegembiraan olahraga, semangat Zhejiang, dan denyut zaman, yang menggambarkan hubungan antara Tiongkok, Asia, dan dunia yang lebih luas.

Bangunan-bangunan terkenal dari berbagai negara dan wilayah Asia juga ditampilkan pada layar LED vertikal, mempromosikan pesan hidup berdampingan dan harmoni. Hal yang bikin takjub dari upacara ini adalah tidak adanya kembang api sungguhan. Sebaliknya, dengan animasi 3D dan augmented reality, kembang api elektronik tanpa asap digunakan dan dipentaskan.

Baca Juga: 3 Tanaman Buah Pencegah Polusi Udara

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x