Terbaru! Paparan Polusi Udara Membahayakan Kesehatan Mental, Hati-hati Bro...

- 28 Agustus 2023, 08:15 WIB
Ilustrasi kesehatan mental. Terbaru! Paparan Polusi Udara Membahayakan Kesehatan Mental, Hati-hati Bro...
Ilustrasi kesehatan mental. Terbaru! Paparan Polusi Udara Membahayakan Kesehatan Mental, Hati-hati Bro... /Pixabay/Wokandapix

BANJARNEGARAKU.COM - Makin hari makin mengkhawatirkan terkait adanya paparan polusi udara, seperti yang kini terjadi di Jakarta, namun berbeda ketika kita menikmati suasana nan sejuknya puncak Dieng di Banjarnegara yang segar dan sejuk udaranya. Nah bagaimana diluar sana, paparan polusi udara ternyata saat ini tergolong mengkhawatirkan dan musti berhati-hati bro...

Bahkan terdampak polusi udara saat ini, tak hanya dapat membahayakan kesehatan fisik, kondisi ini juga kesehatan mental. Bahkan anak kecil dan remaja menjadi kelompok yang paling rentan terdampak oleh resiko ini.

Baca Juga: Terbaru! Manfaat Konsumsi Stroberi Bisa Tingkatan Fungsi Otak dan Turunkan Tekanan Darah

"Ada bukti substansial polusi udara turut mempengaruhi kesehatan mental," demikian penyataan American Psychiatric Association (APA) melalui laman resminya, Sabtu 19 Agustus 2023).

Dilansir banjarnegaraku.com dari PMJ News pada 19 Agustus 2023, Studi: Paparan Polusi Udara Membahayakan Kesehatan Mental.

Dalam sebuah penelitian menyebutkan, salah satu studi yang menyoroti hubungan antara polusi udara dan kesehatan mental adalah studi yang dilakukan di Amerika Serikat dan Denmark. Studi berskala besar ini melibatkan partisipan dari kedua negara tersebut.
Studi ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara paparan polusi udara dengan peningkatan risiko gangguan kejiwaan. Gangguan kejiwaan ini mencakup depresi, skizofrenia, gangguan bipolar, dan gangguan kepribadian.

Baca Juga: Pingin Punya Otot Gede, Olahraga Tiga Detik Dalam Tiga kali Seminggu Bikin Anda Lebih Kuat Bro...

Memang belum diketahui, bagaimana paparan polusi udara bisa mempengaruhi kesehatan mental. Akan tetapi, tim peneliti menilai paparan polusi udara memicu terjadinya suatu mekanisme peradangan saraf yang kemudian mendorong timbulnya masalah kesehatan mental.

Polusi Udara Berdampak pada Gangguan Otak

Halaman:

Editor: Dimas D. Pradikta

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah