Terima ETK dari Banjarnegara, Kak Sudono: Pramuka Harus Bermanfaat bagi Masyarakat

- 27 Agustus 2023, 23:33 WIB
Terima Estafet Tunas Kelapa, Kak Sudono: Pramuka Harus Bermanfaat bagi Masyarakat
Terima Estafet Tunas Kelapa, Kak Sudono: Pramuka Harus Bermanfaat bagi Masyarakat /Dian Sulistiono/

BANJARNEGARAKU.COM - Wakil Bupati Purbalingga Sudono selaku Wakil Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Purbalingga berharap gerakan Pramuka bisa memberikan kemanfaatan bagi masyarakat secara luas melalui berbagai kegiatan yang dilaksanakannya.

“Ini adalah bentuk pengabdian Pramuka di tengah-tengah masyarakat. Pramuka dari masyarakat dan untuk masyarakat,” ungkap Kak Sudono saat Penerimaan Pasukan Estafet Tunas Kelapa (ETK) di Desa Panunggalan, Sabtu 26 Agustus 2023.

Baca Juga: Mie Ayam Pak Buchori Kalimandi Banjarnegara, Sejak 20 Tahun Lalu, Nikmatnya Berrrr..

Hal ini, jelas Kak Sudono, selaras dengan dengan pesan-pesan dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Jateng, yakni, pertama, dari Bapak Pandu Dunia Lord Baden Powell, Tuhan telah mengaruniakan dunia tempat kita hidup yang penuh dengan keindahan dan keajaiban yang telah memberikan kepada kita, tidak hanya mata untuk melihat keindahan dan keajaiban tersebut tetapi juga akal untuk memahami hanya ketika kita memiliki perasaan untuk melihatnya.

Baca Juga: Mudah Didapatkan di Kebun Banjarnegara, Begini Cara Mengolah Daun Kelor yang Benar

Kedua, pelajarilah perubahan dan ubahlah masa depan dengan cara mengaktifkan dirimu dalam kebaikan dan ketulusan. Ketiga, cintailah negerimu, tanah airmu sebagaimana engkau mencintai kedua orang tuamu, saudaramu, dan kekasihmu, keselarasan dalam hal tersebut akan membantumu memahami dunia dan seisinya di masa kini dan mendatang.

Keempat, mari berusaha menempatkan diri dalam kedudukan masing-masing untuk memberikan pelayanan prima dan setulus-tulusnya kepada sesama, masyarakat, bangsa, dan ibu pertiwi melalui Gerakan Pramuka.

Aksi Pramuka Purbalingga Peduli Kegiatan Sosial

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purbalingga Tri Gunawan Setyadi selaku Ketua Kwarcab Purbalingga menjelaskan, ada beberapa kegiatan sosial yang telah dilaksanakan oleh Kwartir Cabang Purbalingga dalam rangka menyambut kedatangan ETK yang dibawa oleh pasukan Kwartir Banjarnegara, di antaranya, kegiatan pembagian sembako, bedah rumah, pengecatan mushala, santunan kepada anak yatim, serta melaksanakan kegiatan donor darah di bebarapa titik.

Halaman:

Editor: Dimas D. Pradikta

Sumber: Prokopim Purbalingga


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah