Aksi Sosial ‘Lisamatong’ Skansa Bersih-bersih Kota Banjarnegara

- 17 September 2023, 23:33 WIB
Aksi Sosial ‘Lisamatong’ Skansa Bersih-bersih Kota Banjarnegara
Aksi Sosial ‘Lisamatong’ Skansa Bersih-bersih Kota Banjarnegara /Dian Sulistiono/

BANJARNEGARAKU.COM – Aksi sosial ditunjukan oleh ribuan siswa di kabupaten Banjarnegara, kegiatan kali ini bertajuk Skansa Aksi Lisamatong dan Sehat berkarakter diawali dengan Senam P5, senam aerobik, dan pelepasan oleh ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Banjarnegara, Nurohman Ahong.

Dalam aksi tersebut diturunkan sebanyak dua ribu siswa dan 150 guru SMKN 1 Bawang Banjarnegara (Skansa) turut serta dalam aksi Bersih Kota bersamaan penyelenggaraan Car free Day pada Minggu 17 September 2023 di Alun-alun Banjarnegara.

Baca Juga: Beri Penghormatan, Bupati Husein dan Wabup Sadewo Beserta Istri Pamitan

Dikutip banjarnegaraku.com dari Kominfo Banjarnegara, kolaborasi antara para siswa dan guru dengan berbaur membersihkan sampah yang berserakan di sudut alun-alun kota, dan jalan-jalan utama di lokasi car free day (CFD). Lisamatong sendiri akronim dari "Lihat Sampah Ambil Masukan Tong”.

Dijelaskan Kepala Sekolah SMKN 1 Bawang, Drs Supriyadi MM, mengatakan, Aksi Lisamatong merupakan bentuk kepedulian warga Skansa terhadap lingkungan khususnya sampah-sampah yang berserakan.

“Melalui aksi Lisamatong, kami ingin menumbuhkan karakter siswa terhadap diri dan lingkungannya, khususnya budaya hidup bersih dan sehat. Lewat lisamatong kami harapkan mereka punya rasa kepedulian tinggi terhadap sampah. Jadi begitu melihat sampah, akan langsung diambil dan memasukannya ke dalam tong,” kata Supriyadi.

Baca Juga: 50 Contoh Soal PAI Kelas 4 SD MI Bab 1,2,3,4,5 Pilihan Ganda dan Kunci Jawaban Persiapan UH, PTS, PAS, Sumatif

Edukasi pada Masyarakat Bersihkan Kota

Ditambahkan Supriyadi mengatakan, kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan kotanya. Siswa yang turun kali ini sebanyak 2.165 anak dari 57 kelas yang turun. Sedangkan 2 kelas lainnya sedang melakukan PKL di luar kota.

Halaman:

Editor: Dimas D. Pradikta

Sumber: Kominfo Banjarnegara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah