Jangan Salah! Banjarnegara Punya 2 Lokasi Wisata Bernama Sumur Jalatunda

- 28 Oktober 2023, 08:25 WIB
Sumur Jalatunda di Pekasiran, Batur dan Sumur Jalatunda di Jalatunda, Mandiraja.
Sumur Jalatunda di Pekasiran, Batur dan Sumur Jalatunda di Jalatunda, Mandiraja. /Brave/diengtravel / instagram

BANJARNEGARAKU.COM - Ada 2 destinasi wisata dengan nama yang sama di Banjarnegara, Sumur Jalatunda. Perjelas mau ke Sumur Jalatunda yang mana dulu, jangan sampai salah. Keduanya berbeda jarak hampir 70 km, lumayan jauh kalau salah arah. 

Sumur Jalatunda yang satu ada di arah Timur laut Banjarnegara, sedangkan yang satu lagi ada di Barat daya kota Banjarnegara. Keduanya pun adalah tempat wisata. Jadi pastikan Sumur Jalatunda yang mana yang akan dikunjungi saat mencarinya di maps. 

Baca Juga: Munas Ke-3 ISMI; Ketum Sebut Ekonomi Umat Bisa Maju, Para Pengusaha Harus Bersatu

Sumur Jalatunda yang ada di desa Pekasiran, kecamatan Batur adalah sumur besar yang terbentuk bersamaan dengan letusan Kepundan Prahu Tua. Lokasinya dekat dataran tinggi Dieng. Sumur ini memiliki diameter 90 meter dan kedalaman sekitar 100 meter. 

Sedangkan Sumur Jalatunda yang lain terletak di desa Jalatunda, kecamatan Mandiraja. Ukurannya 2x2 meter. Lokasinya berada di desa Jalatunda kecamatan Mandiraja. Dilansir dari postingan Facebook akun Info Seputar Banjarnegara, sumur ini sudah ada jauh sebelum desa Jalatunda berdiri. Lokasi sumur inilah Sumur Jalatunda asli yang diklaim lokasinya sesuai dengan kitab Jayabaya. 

Sumur Jalatunda yang berada di desa Jalatunda ini dijaga oleh juru kunci yang bernama Miharja atau Miranselaku yang juga adalah tetua desa setempat. Menurut juru kunci, ada dua makhluk yang menjaga sumur Jalatunda yaitu Suwandi Geni Manglungkusuma dan si Abang (berbentuk Harimau Putih). 

Air sumur dianggap berkhasiat dan ajaib bagi orang-orang yang mempercayainya. Namun khasiatnya akan berakhir pada bulan Sura hari Senin manis penanggalan Jawa. Menurut catatan air sumur tidak pernah mengering meskipun pada musim kemarau. 

Sayangnya menurut pemberitaan, pada desa Jalatunda Mandiraja menjadi langganan kekeringan tiap musim kemarau. Bahkan mereka harus disuplai air bersih dari daerah lain. Salah satunya adalah pengiriman 5 tangki air bersih dari Polres Banjarnegara bagi masyarakat desa Jalatunda pada 1 September 2023. 

Baca Juga: Inilah 5 Kecamatan Terdingin di Kabupaten Banjarnegara, Kalibening Bukan Nomor Satu, Tapi....

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: berbagai sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah