Klapasawit Akan Menjadi Sentra Kerajinan Anyaman Bambu Purbalingga, Adakah di Banjarnegara...

- 20 Juli 2023, 09:12 WIB
Klapasawit Akan Menjadi Sentra Kerajinan Anyaman Bambu Purbalingga, Adakah di Banjarnegara...
Klapasawit Akan Menjadi Sentra Kerajinan Anyaman Bambu Purbalingga, Adakah di Banjarnegara... /Dian Sulistiono/

BANJARNEGARAKU.COM – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag) Kabupaten Purbalingga tengah mempersiapkan Desa Klapasawit Kecamatan Kalimanah sebagai sentra kerajinan anyaman bambu di Kabupaten Purbalingga.

Hal tersebut disampaikan oleh Imam Kuncoro, Kepala Bidang (Kabid) Perindustrian di sela-sela kegiatan pelatihan kerajinan anyaman bambu di Klapasawit, Selasa 18 Juli 2023.

Baca Juga: Inilah Waktu Terbaik Baca Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun Baru Islam 1 Muharram, Bukan Tengah Malam!

Imam mengatakan, Desa Klapasawit sebelum pandemi covid 19 memang sudah memasarkan beberapa produk kerajinan anyaman bambu. Pelatihan tersebut diadakan oleh Dinperindag Purbalingga selama 3 hari yakni Senin, Selasa dan Kamis 17, 18 dan 20 Juli 2023 di Balai Desa Klapasawit dan diikuti oleh 30 warga setempat.

“Sebenarnya ada beberapa model yang dibuat, tapi kita fokus untuk membuat tempat parsel,” katanya.

Imam melanjutkan, beberapa tahun lalu produk tempat parsel dari bambu banyak diminati pembeli dari luar kota bahkan sampai kewalahan karena minimnya kapasitas produksi. Diharapkan dengan adanya pelatihan ini, Kabupaten Purbalingga bisa memiliki jaringan baru guna memenuhi permintaan pasar.

Baca Juga: 198 Tahun Wonosobo, Ternyata Berasal dari 3 Orang

“Selain Klapasawit ada juga Desa Karanggedang (Kecamatan Bukateja) yang nantinya akan menjadi sentra kerajinan bambu di Purbalingga,” pungkasnya.

Halaman:

Editor: Dimas D. Pradikta

Sumber: Dinkominfo Purbalingga


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah