Bisa Ditiru, Sekolah di Banjarnegara P5 Bank Sampah Bikin Bersih Ruang Guru

- 2 September 2023, 10:35 WIB
Sampah plastik
Sampah plastik /Brave/Djedj/pixabay

BANJARNEGARAKU.COM - Projek Profil Penguatan Pelajar Pancasila (P5) di SMAN 1 Sigaluh Banjarnegara adalah tentang sampah. Para siswa diajarkan dan praktek langsung penanganan sampah baik di lingkungan sekolah maupun di sekitar sekolah. Tidak hanya memungut dan membuang sampah ke TPA, namun para siswa juga melakukan pemilahan, pemilihan, dan pemanfaatan kembali. Sebuah kegiatan baik yang menginspirasi dan bisa ditiru. 

Selain mengumpulkan membersihkan sampah, mereka juga mulai mengumpulkan kertas, botol plastik dan plastik bekas AMDK, botol, dan lain sebagainya. Sampah terkumpul dimasukkan ke Bank Sampah yang mereka buat. Siswa tidak hanya mengumpulkan sampah yang diproduksi pada kegiatan sekolah, beberapa siswa juga membawa sampah dari rumah. 

Pada Jumat 1 September 2023, lebih dari 100 kilogram sampah berhasil dikumpulkan para siswa SMAN 1 Sigaluh. Sampah tersebut selanjutnya ditimbang dan dijual kepada pengepul sampah. Meskipun ternyata masih banyak sampah yang tercampur, para siswa jadi belajar lagi dari ahlinya memilah sampah, para pengepul. 

Baca Juga: Dosen UMP Purwokerto Lakukan Pengembangan Desa Wisata Kesehatan Bebasis Masjid, Ini Selengkapnya

Koordinator P5 SMAN 1 Sigaluh Banjarnegara, Heni Purwono berharap bank sampah ini membudaya di kalangan siswa. Sasarannya adalah ketika siswa melihat sampah otomatis akan ingat bank sampah. Guru menjadi teladan yang bisa ditiru. 

"Sejauh ini sudah mulai muncul karakter itu. Hanya harus terus menerus dimotivasi dan diberikan keteladanan oleh para guru. Efek dari kegiatan ini sudah terlihat, TPA sekolah tidak lagi penuh sampah plastik," jelas Heni. 

Selain bermanfaat bagi siswa, ternyata ada efeknya bagi ruang guru. Bank sampah ini, tambah Heni, juga menjadikan ruang guru lebih tertata. Pasalnya tumpukan kertas yg sudah menahun dan menggunung bisa masuk ke bank sampah. 

P5 SMAN 1 Sigaluh Banjarnegara, pengelolaan sampah berkelanjutan
P5 SMAN 1 Sigaluh Banjarnegara, pengelolaan sampah berkelanjutan Heni Purwono

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: Heni Purwono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah