Pergerakan Tanah di Banjarnegara, Relawan PMI Bergerak Lakukan Pendataan

- 28 Oktober 2022, 16:37 WIB
Relawan PMI Banjarnegara melakukan asessment kepada warga terdampak pergerakan tanah di desa Bantar, Kecamatan Wanayasa
Relawan PMI Banjarnegara melakukan asessment kepada warga terdampak pergerakan tanah di desa Bantar, Kecamatan Wanayasa /doc. Posko PMI Banjarnegara

BANJARNEGARAKU.COM - Relawan PMI Banjarnegara hingga saat ini masih melakukan asessment atau pendataan terhadap korban terdampak dan pengungsi akibat pergerakan tanah di desa Bantar, kecamatan Wanayasa.

Ketua PMI Banjarnegara Amalia Desiana mengatakan, pendataan atau asessment detail sangat diperlukan guna menjadi rujukan dan sentra pelayanan selama masa tanggap darurat bencana.

"Hasil asessment detail sangat vital dan menjadi sentra seluruh layanan yang ada selama proses TDB berlangsung, data harus valid dan bisa dipertanggung jawabkan," ujarnya.

Baca Juga: Pj Bupati Banjarnegara Ajak Meneladani Semangat Sumpah Pemuda, Sikapi Perbedaan

Lebih jauh dia menjelaskan, saat ini pengungsi korban terdampak pergerakan tanah di desa Bantar mengungsi di rumah-rumah milik saudara yang tersebar di beberapa titik.

Pihaknya juga meminta relawan PMI yang bertugas di lapangan untuk memantau kesehatan warga yang saat ini mengungsi di rumah warga lainnya.

"Pantauan terus dilakukan secara bertahap, termasuk pendataan dan pendampingan kesehatan serta layanan lainnya," lanjutnya.

Baca Juga: Tinjau Lokasi Pergerakan Tanah di Banjarnegara, Ganjar Minta Daerah Rawan Dipasangi EWS

Pada operasi Tanggap Darurat bencana tanah gerak di desa bantar ini, PMI Banjarnegara mengerahkan relawan terlatih sesuai dengan spesifikasinya dibantu relawan desa atau Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT).

Halaman:

Editor: M. Alwan Rifai


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x