Selamatkan Nasib 5.000 Santri Kemenag Siapkan Mitigasi, MUI Merekomendasikan Al Zaytun Ditutup

- 4 Juli 2023, 23:40 WIB
Pimpinan Ponpes Al Zaytun Panji Gumilang.Selamatkan Nasib 5.000 Santri Kemenag Siapkan Mitigasi, MUI Merekomendasikan Al Zaytun Ditutup
Pimpinan Ponpes Al Zaytun Panji Gumilang.Selamatkan Nasib 5.000 Santri Kemenag Siapkan Mitigasi, MUI Merekomendasikan Al Zaytun Ditutup /ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/

BANJARNEGARAKU.COM - Untuk menyelamatkan 5.000 santri dari Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun, kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Barat pada saat ini sedang menyiapkan mitigasi. Keputusan tersebut diambil berdasarkan rekomendasi yang diberikan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Disaat yang sama MUI juga memberikan rekomendasi untuk penutupan Ponpes Al Zaytun. Hal tersebut karena kontroversi yang ada terkait lembaga tersebut dan pimpinannya, Panji Gumilang.

Dilansir Banjarnegaraku.com dari Pikiran-Rakyat.com pada 4 Juli 2023, MUI Merekomendasikan Al Zaytun Ditutup, Kemenag Siapkan Mitigasi Selamatkan 5.000 Santri.

Baca Juga: 20 Contoh Soal IPA Biologi Kelas 10 SMA MA Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kurikulum Merdeka Pilgan, Essay

Hal senada juga datang dukungan dari Pemerintah yang mendukung rekomendasi yang diberikan oleh MUI. Dukungan tersebut diberikan apabila Panji Gumilang dan Al Zaytun terbukti memberikan ajaran sesat dan bertentangan dengan syariat Islam.

"Kami masih menunggu kepastian keputusan pemerintah pusat terkait nasib Ponpes Al Zaytun. Total ada 5.014 santri yang menempuh pendidikan di Ponpes Al Zaytun," kata Pelaksana Harian (Plh) Kepala Kanwil Kemenag Jabar, Ali Abdul Latief.

Dijelaskan Ali Abdul Latief, pihaknya mengungkapkan bahwa jumlah masing-masing santri sesuai dengan pendidikan yang ditempuh. Untuk santri yang bersekolah di Madrasah Ibtidaiyah ada sebanyak 1.289 orang.

Baca Juga: 20 Contoh Soal IPA Biologi Kelas 10 SMA MA Materi Keanekaragaman Hayati Kurikulum Merdeka Pilgan, Essay

Santri yang menempuh pendidikan Madrasah Tsanawiyah (MTs) ada sebanyak 1.979 orang. Sementara itu, di Madrasah Aliyah (MA) ada 1.746 orang.

Panji Gumilang Diperiksa Bareskrim Polri

Halaman:

Editor: Dimas D. Pradikta

Sumber: Pikiran-Rakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x