Maroko Berduka, Lebih dari 2.012 Jiwa Menjadi Korban Gempa

- 10 September 2023, 10:58 WIB
Pray for Maroko, 2.012 korban terupdate dari gempa Maroko 8 September 2023 23.11 waktu setempat
Pray for Maroko, 2.012 korban terupdate dari gempa Maroko 8 September 2023 23.11 waktu setempat /Brave/PPI Maroko

BANJARNEGARAKU.COM - Gempa dahsyat mengguncang Maroko, Afrika Utara pada 8 September 2023 jam 23.11 waktu setempat. Gempa 6,8 SR berepisentrum di Pegunungan High Atlas di provinsi Al Houz, jaraknya sekitar 400 km dari Ibukota Rabat. Update terbaru Per 10 September 2023 dari pemerintah Maroko tercatat 2.012 jiwa meninggal dunia karena korban gempa ini. 

Selain korban jiwa juga dilaporkan banyak bangunan yang runtuh. Ada beberapa bangunan warisan UNESCO di Marakesh yang rusak akibat gempa ini. Begitu terjadi di desa desa yang berada di sekitar pegunungan Atlas banyak yang rata dengan tanah. 

Baca Juga: Tajir Melintir Ada 5 Weton Bakal Kaya Abis Pada Umur 30 dan atau 40 Tahun, Kamu Salah Satunya....

Raja Mohamed VI mengumumkan tiga hari berkabung untuk para korban. Sementara dia juga menyerahkan sumber daya dan logistik dari Angkatan Bersenjata untuk membantu para korban. Banyak orang yang masih berada di tempat terbuka mewaspadai gempa susulan. 

Perhimpunan Pelajar Indonesia di Maroko melaporkan evakuasi sudah mulai dilakukan. Begitu juga tim penyelamat dan tenaga medis sudah dikerahkan ke tempat-tempat yang terdampak. 

Sejauh ini tidak ada laporan WNI yang menjadi korban gempa ini. Kedutaan Besar Republik Indonesia di Rabat mengeluarkan Surat Imbauan agar WNI yang tinggal atau sedang berkunjung ke Maroko diimbau supaya tetap tenang, waspada, dan saling memantau. Disarankan juga pada WNI untuk mengikuti arahan Otoritas setempat dan tetap melakukan kontak dengan KBRI. 

Baca Juga: Donggala diguncang Gempa, Terasa Hingga Kalimantan Timur dan Beberapa Wilayah Ikut Bergoyang...

Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto sedang mengadakan kunjungan kerja ke Maroko untuk mempromosikan Geopark Kebumen pada acara The 10th International Conference on UNESCO Global Geopark yang dilaksanakan di Marrakesh, Maroko, Afrika Utara. Terpantau dari instagramnya masih sempat mengunggah update tentang gempa 6,8 SR ini. 

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: ANTARA berbagai sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x