BMKG Prediksi Musim Hujan 2023 di Indonesia dimulai 3 Bulan Lagi

- 14 September 2023, 18:34 WIB
Ilustrasi - BMKG Prediksi Musim Hujan 2023 di Indonesia  dimulai 3 Bulan Lagi
Ilustrasi - BMKG Prediksi Musim Hujan 2023 di Indonesia dimulai 3 Bulan Lagi /ANTARA

BANJARNEGARAKU.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi musim hujan 2023/2024 di Indonesia akan masuk 3 bulan lagi atau dibulan November 2023, dan berlangsung hingga April 2024.

Dilansir banjarnegaraku.com dari rilis resmi BMKG. Sebagian besar wilayah Indonesia diprediksi akan mengalami musim hujan dengan sifat normal, sementara sebagian wilayah lainnya diprediksi akan mengalami musim hujan dengan sifat di bawah normal dan di atas normal.

"Secara umum, musim hujan 2023/2024 di Indonesia diprakirakan akan berlangsung normal," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, dalam siaran pers, Rabu 5 September 2023.

Baca Juga: Mencuri Perhatian dan Menggemaskan, Gebyar Pramuka Prasiaga Kecamatan Purwareja Klampok Banjarnegara

Guswanto menjelaskan, wilayah-wilayah yang diprediksi mengalami musim hujan dengan sifat normal mencakup 566 zona musim (ZOM) atau 80,97 persen dari total 699 ZOM di Indonesia. Wilayah-wilayah tersebut tersebar di seluruh Indonesia, mulai dari Aceh hingga Papua.

Sementara itu, wilayah-wilayah yang diprediksi mengalami musim hujan dengan sifat di bawah normal mencakup 64 ZOM atau 9,16 persen dari total ZOM. Wilayah-wilayah tersebut meliputi sebagian kecil Sumatera Utara, Lampung bagian selatan, sebagian kecil Banten, sebagian kecil Jawa Barat, Jawa Tengah bagian timur, Jawa Timur bagian selatan, sebagian Kalimantan Barat, sebagian Nusa Tenggara Timur (NTT), Sulawesi Tengah bagian utara, Papua Barat bagian selatan, dan Papua bagian barat.

"Wilayah-wilayah yang diprediksi mengalami musim hujan dengan sifat di bawah normal perlu diwaspadai potensi kekeringan," kata Guswanto.

Baca Juga: Jadwal Mendeman Ebeg Banyumasan, KAMIS PON 14 September 2023: Banjarnegara, Banyumas, Cilacap, Kebumen

Sedangkan wilayah-wilayah yang diprediksi akan mengalami musim hujan dengan sifat di atas normal meliputi 69 ZOM atau 9,87 persen dari total ZOM. Wilayah-wilayah tersebut meliputi Aceh bagian selatan, Sumatera Utara bagian utara, Riau bagian utara, Sumatera Barat bagian selatan, Jambi bagian utara, Bengkulu bagian utara, Sumatera Selatan bagian barat, Banten bagian selatan, Sulawesi Tengah bagian selatan, dan Sulawesi Tenggara bagian selatan.

Halaman:

Editor: Dimas D. Pradikta

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x