Aktivitas Vulkanis Gunung Semeru di Jatim Masih Tinggi, per Hari Tercatat Ada 52 Erupsi

- 25 September 2023, 14:05 WIB
Aktivitas Vulkanis Gunung Semeru di Jatim Masih Tinggi, per Hari Tercatat Ada 52 Erupsi
Aktivitas Vulkanis Gunung Semeru di Jatim Masih Tinggi, per Hari Tercatat Ada 52 Erupsi /Mapay Bandung Pikiran Rakyat/

BANJARNEGARAKU.COM - Aktivitas vulkanis Gunung Semeru di Jawa Timur (Jatim) masih tinggi. Hal tersebut disampaikan oleh pihak Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG). Hingga hari ini 25 September 2023, tercatat rata-rata terjadi 52 erupsi per hari.

“Aktivitas vulkanis Gunung Semeru usai terjadinya awan panas tanggal 10 dan 11 September 2023 masih tetap tinggi,” ujar PVMBG dalam siaran persnya, Senin 25 September 2023.

Baca Juga: Resmi Tersangka, Sopir Tronton Kecelakaan Maut di Exit Tol Bawen

“Hal tersebut ditandai jumlah rata-rata kejadian erupsi adalah 52 kali per hari antara tanggal 11 sampai 23 September 2023,” sambungnya.

Dilansir banjarnegaraku.com dari PMJ News pada 25 September 2023, PVMBG: Aktivitas Vulkanis Gunung Semeru di Jatim Masih Tinggi.

Diinformasikan PVMBG menyebutkan, tingkat aktivitas Gunung Semeru yang secara administratif berada dalam dua kabupaten. Yakni, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, saat ini adalah Level III (Siaga) sejak 16 Desember 2021.

Sementara itu, perkembangan terakhir aktivitas Gunung Semeru berdasarkan pemantauan deformasi dengan menggunakan tujuh stasiun GPS menunjukkan adanya inflasi (peningkatan tekanan) pada tubuh gunung dengan sumber tekanan berasal dari kedalaman 8 km.

Baca Juga: Manfaatkan Potensi Perairan, IPDA Indonesia dan GMC Gelar Pelatihan Pembibitan Ikan Air Tawar di Banjarnegara

Halaman:

Editor: Dimas D. Pradikta

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x