SPKLU Disiapkan di Jalur Mudik, Ada 4.000 Mobil Listrik Bakal Dipakai Pulang Kampung...

- 5 April 2024, 08:00 WIB
Ilustrasi SPKLU PLN layani pemudik. SPKLU Disiapkan di Jalur Mudik, Ada 4.000 Mobil Listrik Bakal Dipakai Pulang Kampung...
Ilustrasi SPKLU PLN layani pemudik. SPKLU Disiapkan di Jalur Mudik, Ada 4.000 Mobil Listrik Bakal Dipakai Pulang Kampung... /JG/Jun/PLN

BANJARNEGARAKU.COM - Ikut serta memfasilitasi dan memberi kemudahan bagi masyarakat, pemerintah pada masa mudik lebaran 2024 kali ini, telah membangun 1.299 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan tersebar di 872 titik di seluruh Indonesia.

Pada tahun 2024 ini, diperkirakan sebanyak mobil listrik yang dipakai masyarakat diperkirakan mencapai 4.000 unit. Angka tersebut berdasarkan proyeksi yang dilakukan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Baca Juga: Antisipasi Kecelakaan, Tanjakan Bayeman Jadi Perhatian Jelang Arus Mudik Lebaran

Dikutip banjarnegaraku.com dari Pikiran-Rakyat.com, sebanyak 4.000 mobil berbasis listrik itu setara 18 persen dari total populasi mobil listrik di Indonesia yang sudah mencapai 23 ribu-an unit.

"Populasi mobil penumpang listrik berbasis baterai sudah 23 ribu unit dengan proyeksi 18 persen, mungkin sekitar 4 ribu kendaraan yang menjalankan mudik tahun ini," Kepala Sub Direktorat Uji Tipe Kendaraan Bermotor Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Yusuf Nugroho, dalam konferensi pers Persiapan SPKLU Jelang Mudik Lebaran di Gedung Kemenko Marves, pada Kamis, 4 April 2024.

Ditambahkan Yusuf, mobil listrik itu tidak saja hanya digunakan masyarakat untuk perjalanan luar kota tetapi juga untuk mobilitas di dalam kota untuk silaturahmi Lebaran 2024.

Baca Juga: Purbalingga Gelar Operasi Ketupat Candi, Pengamanan Perayaan Idul Fitri 1445 H

Selanjutnya Yusuf mengatakan, bahwa pihaknya telah menyusun standar operasional prosedur terkait tata cara secara umum untuk pengangkutan electric vehicle (EV) lewat kapal laut.

"Karena EV itu bukan hanya KBLBB yang ada di benak bapak ibu, tapi juga KBLBB yang ada hybrid, itu mengandung kandungan yang sama, semuanya tested, proved, untuk persyaratan teknis laik jalan lainnya," ucapnya.

Halaman:

Editor: Dian Sulistiono

Sumber: Pikiran-Rakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x