Pemudik Asal Jawa Tengah Terbanyak, Ada 35 Juta Orang Akan Mudik Lebaran 2024 Naik Mobil Pribadi

- 5 April 2024, 09:00 WIB
Foto udara sejumlah mobil pribadi. Pemudik Asal Jawa Tengah Terbanyak, Ada 35 Juta Orang Akan Mudik Lebaran 2024 Naik Mobil Pribadi./Antara/Indrianto Eko Suwarso
Foto udara sejumlah mobil pribadi. Pemudik Asal Jawa Tengah Terbanyak, Ada 35 Juta Orang Akan Mudik Lebaran 2024 Naik Mobil Pribadi./Antara/Indrianto Eko Suwarso /

BANJARNEGARAKU.COM - Di tahun 2024 ini, jumlah pengguna mobil pribadi diperkirakan mencapai 18,29 persen atau 35,42 juta orang. Kemudian pengguna mobil sewa diprediksi sebesar 6,01 persen atau 11,64 juta orang.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) Kementerian Perhubungan memproyeksi jumlah perjalanan orang pada mudik Lebaran 2024 akan mengalami peningkatan.

Baca Juga: Antisipasi Kecelakaan, Tanjakan Bayeman Jadi Perhatian Jelang Arus Mudik Lebaran

"Mudik tahun ini merupakan suatu momen luar biasa yang kita sambut bersama jumlah perjalan orang pada kesempatan mudik 2024 akan mengalami peningkatan," ujar Kasubdit Uji Tipe Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub Yusuf Nugroho dalam konferensi pers Persiapan SPKLU Jelang Mudik Lebaran di Gedung Kemenko Marves pada Kamis, 4 April 2024.

Dikutip banjarnegaraku.com dari Pikiran-Rakyat.com, untuk daerah asal pelaku perjalanan sebagian besar adalah di wilayah Pulau Jawa. Yusuf mengatakan bahwa sebesar 59,54 persen porsi paling tinggi berada di Provinsi Jawa Timur untuk daerah asal dan 80,2 persen berada di Provinsi Jawa Tengah untuk daerah tujuan.

Dan untuk memfasilitasi mudik Lebaran 2024, pihaknya menyiapkan beberapa posko angkutan Lebaran dimulai pada 3-18 April 2024 dan tersebar di Jalan Trans Jawa dan Jalan nasional.

Baca Juga: Purbalingga Gelar Operasi Ketupat Candi, Pengamanan Perayaan Idul Fitri 1445 H

"Untuk itu lokasi tersebut juga kami sediakan fasilitas pendukung yang tentunya meliputi tempat parkir, dan lainnya," ucapnya.

Infrastruktur SPKLU

Halaman:

Editor: Dian Sulistiono

Sumber: Pikiran-Rakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x