Waspadai! Erupsi Eksplosif Gunung Ruang dan Gunung Awu Mengancam Warga, Simak Penjelasan PVMBG

- 18 April 2024, 09:30 WIB
Status Gunung Ruang menjadi AWAS, ini rekomendasi PVMBG. Waspadai! Erupsi Eksplosif Gunung Ruang dan Gunung Awu Mengancam Warga, Simak Penjelasan PVMBG
Status Gunung Ruang menjadi AWAS, ini rekomendasi PVMBG. Waspadai! Erupsi Eksplosif Gunung Ruang dan Gunung Awu Mengancam Warga, Simak Penjelasan PVMBG /magma.esdm.go.id

BANJARNEGARAKU.COM - Ancaman Gunung Ruang dan Gunung Awu di Sulawesi Utara, Kepala PVMBG Hendra Gunawan mengungkapkan bahwa kedua gunung tersebut, memiliki karakteristik erupsi yang hampir serupa. Namun, perbedaannya terletak pada adanya kubah lava yang tumbuh di Gunung Awu sejak tahun 2004.

Karakteristik tersebut, dimana Gunung Ruang memiliki ancaman erupsi eksplosif dan pembentukan awan panas, sementara Gunung Awu menimbulkan ancaman serius melalui erupsi eksplosif yang melemparkan batuan dan awan panas ke segala arah.

Baca Juga: Ini Cara Cek Formasi PPPK 2024 di Tiap Pemerintah Daerah, Tenaga Honorer Wajib Tahu Nih...

"Ancaman dari Gunung Ruang berupa erupsi eksplosif dan menghasilkan awan panas. Sedangkan, ancaman terburuk dari Gunung Awu berupa erupsi eksplosif menghasilkan lontaran batuan dan awan panas ke segala arah dari penghancuran kubah lava," katanya.

Dikutip banjarnegaraku.com dari PikiranRakyat-Depok.com, kedua gunung api ini dikenal dengan karakteristik erupsi eksplosif, yang memanas setelah terjadi peningkatan aktivitas kegempaan vulkanik dan awan abu. Hal ini mendorong PVMBG untuk menetapkan status siaga.

Gas-gas terlarut sulit untuk keluar dengan mudah. Kemudian tekanan meningkat secara signifikan hingga terjadi ledakan gas yang kuat. Sehngga letusan eksplosif terjadi saat magma yang relatif lebih dingin dan kental, seperti andesit, mencapai permukaan bumi.

Baca Juga: SIAP-SIAP! Apakah Kamu Termasuk Tenaga Non ASN Database BKN? Segera Lakukan ini Sebelum 19 April 2024....

Hal tersebut mengakibatkan pecahan batu dan lava bisa terlempar ke udara. Pada Rabu, 17 April 2024 sekitar pukul 20.15 WITA, Gunung Ruang di Tagulandang, Kabupaten Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara, meletus dan mengeluarkan lava beserta kilat.

Aktifitas Gunung Pergolakan vulkanik pada Gunung Ruang dipicu oleh peristiwa gempa bumi tektonik yang terjadi di Laut Maluku. Letusan tersebut juga menyebabkan munculnya abu vulkanik setinggi 3000 meter dan kilatan petir.

Halaman:

Editor: Dian Sulistiono

Sumber: Pikiranrakyat-Depok.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x