Simak!! Prinsip Dasar dan Metodenya, Jadi Tahu Wibawa dan Hebatnya Seperti Apa

- 13 Agustus 2023, 10:14 WIB
Ada Apa pada Tanggal 14 Agustus? Tengok Sejarah Kepramukaan Indonesia.
Ada Apa pada Tanggal 14 Agustus? Tengok Sejarah Kepramukaan Indonesia. /Pramuka jateng.or.id/

BANJARNEGARAKU.COM - Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan (PDK/MK) dalam gerakan pramuka merupakan pondasi fundamental utama kepramukaan yang harus diketahui dan dipahami oleh seorang pembina pramuka dalam membina pramuka.

Sekaligus diimplementasikan oleh pembina pramuka dalam membina dan mendidik peserta didik sebagai penerus bangsa dan negara sesuai dengan tujuan dari gerakan pramuka di Indonesia.

Diketahui, Gerakan Pramuka adalah suatu organisasi atau lembaga pendidikan yang menyelenggarakan dalam bentuk pendidikan Kepanduan yang dilaksanakan di Indonesia.

Dimana "Pramuka" singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti rakyat muda yang suka berkarya.

Baca Juga: Ini Kunci Jawaban Matematika Latihan 1.3: Berpikir Kritis Hal. 31 Nomor 4,5,6 Kelas 9 SMP MTs Semester 1

Kak Atikoh selaku Ketua Kwartir Daerah Jawa Tengah juga menyampaikan "Harapannya bisa menjadi pramuka yang hebat dan kuat serta menjadi kebanggaan orang tua, guru, pembina, masyarakat, maupun bangsa dan negara. Dengan slogan Pramuka Hebat Indonesia Hebat," Ujarnya

Dalam prakteknya, Prinsip Dasar Kepramukaan (PDK) adalah nilai dari norma bidup untuk setiap anggota gerakan pramuka yang ditanamkan dan ditumbuhkembangkan kepada peserta didik melalui proses penghayatan oleh dan untuk diri pribadi baik pembina maupun peserta didik.

Ilustrasi kegiatan kepramukaan.
Ilustrasi kegiatan kepramukaan.

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: pramukajateng.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah