Cabor Muaythai Sumbang 2 Perak 2 Perunggu bagi Kontingen Banjarnegara

- 5 Agustus 2023, 23:09 WIB
Muaythai Porprov XVI Jawa Tengah
Muaythai Porprov XVI Jawa Tengah /Brave/Koni Jateng

BANJARNEGARAKU.COM - Ada tambahan 2 medali perak dan 2 medali perunggu dari cabor Muaythai bagi kontingen Banjarnegara di Porprov XVI Jawa Tengah di Pati Raya. Pertandingan Muaythai Porprov XVI ini dilaksanakan di Balai Kartini, Rembang pada 5 Agustus 2023. 

Perolehan total hingga pukul 22.04 WIB, Banjarnegara mendapat 10 medali yang terdiri dari 1 emas, 3 perak, dan 6 perunggu. Posisi perolehan ini menempatkan Banjarnegara pada urutan 16 dari 35 kabupaten dan kota yang bertanding. Sementara 3 besar dikuasai kota Semarang 101 medali, Grobogan 52 medali, dan Pati 36 medali. 

Ada 4 nomor yang menyumbangkan medali dari cabor Muaythai bagi Banjarnegara :

  • Muaythai Fight Putra -71 kg (1 perak) 
  • Muaythai Fight Putri -57 kg (1 perak) 
  • Muaythai Fight Putri -43 kg (1 perunggu) 
  • Muaythai Fight Putri -48 kg (1 perunggu) 

Muaythai mengirimkan 5 atlet dan 1 pelatih dan turun dalam 5 nomor pertandingan. 

  • Dinar Febrianti
  • Sekar Najmian As Syahidah
  • Meinati Khomsanah Firda
  • Isnaeni Nur Azizah
  • Mochamad Dwi Galuh Pamulang
  • Maryanto Marlan (pelatih) 

Tentang Muaythai

Berikut adalah pengertian Muaythai dan sejarahnya dilansir dari laman seputarilmu.com. Muay thai merupakan salah satu cabang dari olahraga bela diri yang berasal dari Thailand yang dapat dilakukan dengan cara mengandalkan tendangan, lutut, siku, serta pukulan yang kuat dengan memiliki tujuan untuk dapat menjatuhkan lawan.

Di Indonesia banyak orang berpendapat bahwa muay thai adalah salah satu beladiri yang berasal dari Jawa Barat. Namun kenyataannya yakni asal mula muay thai berawal dari kurun ke – 12 M, tepatnya di kerajaan thai. Pada waktu itu, adanya peperangan yang telah mengakibatkan kerajaan thai kekurangan senjata. Kemudian, para prajurit memiliki inisiatif untuk dapat mempelajari bela diri muay boran.

Bela diri muay thai, tadinya berjulukan muay boran, tetapi diganti menjadi muay thai. Gerakan – gerakannya pun sedikit berubah. Muay thai dulu dapat digunakan untuk berperang serta hal kekerasan lainnya. Namun, seiring berjalannya waktu, muay thai dapat dijadikan sebagai salah satu media hiburan dan olahraga. Olahraga muay thai inipun sering dipertontonkan di kerajaan thailand.

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: Berbagai Sumber Sisakti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x