5 Lokasi Alternatif Camping di Sekitar Dieng Saat Gunung Prau Ditutup

- 18 September 2023, 12:21 WIB
Tempat camping telaga Dringo, Dieng
Tempat camping telaga Dringo, Dieng /Brave/Kelilingbatang / tangkap layar

BANJARNEGARAKU.COM - Para pendaki gunung Prau tentu sudah mendengar kabar tentang penutupan gunung Prau dari Pendakian. Penutupan ini diberlakukan pada semua basecamp. Namun ternyata masih ada spot camping alternatif lain yang tidak kalah menarik untuk mendirikan tenda (baca:camping). 

Seperti banyak diberitakan media dan juga melalui media sosial, penutupan Gunung Prau diberlakukan mulai 17 September 2023 hingga waktu yang belum ditentukan. Penutupan ini berlaku atas kesepakatan oleh Perhutani dan dan FKPI (Forum Koordinasi Gunung Prau Indonesia). Sedangkan alasan utama penutupan adalah mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan berkaitan dengan fenomena alam El Nino. 

Baca Juga: Tempat Ini jadi Wisata Kuliner yang Khas di Purbalingga, Gulai Melung Bu Hadi Rasanya hmmmm....

Namun para campers (pehobi kemah) tidak perlu kecewa. Sebab Kawasan Dataran Tinggi Dieng menawarkan banyak sekali tempat berkemah yang spotnya tidak kalah menarik. Berikut adalah lokasi camping lain yang bisa dipilih selama Gunung Prau Dieng sedang ditutup. 

Berikut beberapa lokasi di sekitar Dieng yang bisa digunakan untuk camping. Kondisi dinginnya tidak berbeda dengan camping di Puncak Gunung Prau. Jadi tetap ingat pergunakan baju tebal dan sleeping bag apabila camping.

1. Bukit Sikunir

Sebetulnya Bukit Sikunir lebih terkenal dengan momen 'Golden Sunrise' nya. Di bawah Bukit terdapat parkiran yang cukup luas. Ada Telaga Cebong di dekat parkir. Tepi danau maupun dekat puncak Sikunir bisa dijadikan tempat camping. 

Bahkan di tepi danau ada yang menyewakan paket peralatan kemah lengkap dengan api unggun kecil. Biaya paket camping Rp 150.000 (atau tergantung nego paket). 

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: berbagai sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah