Akhirnya Pendakian Gunung Prau Ikut Tutup Juga Mulai Tanggal Ini

- 15 September 2023, 14:07 WIB
Gunung Prau ditutup untuk aktifitas pendakian mulai 17 September 2023
Gunung Prau ditutup untuk aktifitas pendakian mulai 17 September 2023 /Brave

BANJARNEGARAKU.COM - Setelah Perhutani KPH Banyumas Timur dan KPH Pekalongan Barat menutup semua aktivitas di Gunung Slamet mulai 15 September 2023. Kini KPH Kedu Utara menyusul menutup Gunung Prau untuk aktifitas pendakian mulai 17 September 2023. 

Dikonfirmasi pada petugas Basecamp Patakbanteng, salah satu Basecamp favorit pendaki Gunung Prau. Ricky petugas tiket menyatakan hal itu benar. 

"Iya pak betul," ujar Ricky singkat membenarkan kabar penutupan itu. 

Semua jalur pendakian Gunung Prau ditutup hingga batas waktu belum ditentukan. Jalur pendakian Gunung Prau adalah

  • Patakbanteng
  • Wates
  • Kalilembu
  • Dieng
  • Dwarawati

Instagram Basecamp Kalilembu menyatakan penutupan ini adalah hasil kesepakatan antara Perhutani dan FKPI (Forum Koordinasi Gunung Prau Indonesia). Penutupan ini dalam rangka antisipasi kebakaran hutan dan keselamatan pendaki. Penguman via instagram ini diposting pada 15 September 2023 sekira pukul 10.00 WIB. 

Saat ditanyakan pada admin instagram @basecamp_prau_kalilembu apakah masih bisa mendaki pada tanggal 16 September. Admin menyatakan masih bisa. 

Penutupan ini berkaitan dengan kebakaran yang makin sering terjadi di sekitar Gunung Prau. Kebakaran di punggung Gunung Sumbing (1-2 September 2023), kaki Gunung Ciremai (13-15 September 2023), dan Gunung Sipandu, Dieng (6 September 2023). Hal ini belum termasuk kebakaran Gunung Jimat, Pemalang (7-9 September 2023). 

Mengantisipasi kejadian kebakaran serupa, KPH Perhutani beserta forum Basecamp setempat berkoordinasi untuk menutup pendakian untuk sementara. ***

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: Instagram


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x