Banjarnegara dan Dawet Ayu

- 2 November 2023, 13:54 WIB
Alun-alun Banjarnegara
Alun-alun Banjarnegara /Brave

BANJARNEGARAKU.COM - Banjarnegara dan minuman Dawet Ayu sepertinya menjadi dua hal yang saling mendukung. Nama Banjarnegara menjadi lebih dikenal karena Dawet Ayu yang tersebar hampir di seluruh pelosok Nusantara. Gabungan dua ikon unik bukan branding yang disengaja namun terbentuk secara alami dan dalam waktu yang lama. 

Menyebutkan nama Banjarnegara, terkadang membuat orang masih bertanya-tanya. Ada yang menyangka itu di Jawa Barat, Jawa Timur, atau bahkan di Kalimantan. Nama Banjarnegara pun tidak sering disebut dalam pemberitaan di media seperti Semarang, Solo apalagi Jakarta. Namun apabila menemukan penjual dawet di sebuah kota, salah satu atau dua pasti akan menuliskan "Dawet Ayu Asli Banjarnegara". 

Baca Juga: Meskipun Punya Balita, Ini Ada 7 Cara 'Me Time' yang Baik untuk Ibu Rumah Tangga, Salah Satunya Manjain Diri..

Branding sebagai kota asal Dawet Ayu ini semakin menguat saat Patung Dawet Ayu dipasang di alun-alun Banjarnegara pada tahun 2014. Lalu minuman Dawet Ayu mendapatkan dua penghargaan pada ajang Anugerah Pesona Indonesia 2020.

  • Juara 1 Minuman Tradisional Terpopuler
  • Juara 1 Minuman Terfavorit pilihan masyarakat Indonesia

Piala penghargaan ini diterima Bupati Budhi Sarwono pada 21 Mei 2021. 

Menurut sejarah, Dawet Ayu awal dibuat oleh H Munarjo dari Rejasa, Banjarnegara sekitar 1930an. Dinamai 'Ayu' diambil dari istri Munarjo yang konon berparas cantik. Lalu bertambah populer setelah grup Peang Penjol dari Banyumas menyanyikan lagu yang ada frasa "Dawet Ayu dawete Banjarnegara" Pada 1980an. 

Penjualan Dawet Ayu menyebar ke seluruh nusantara dengan meniru model tempat berjualan yang ada di Banjarnegara. Baik guci, keranjangnya, lambang Semar Gareng dan pastinya resep Dawetnya. Bahkan para penjual dawet di luar kota sengaja membawa perangkat penjualan yang dibuat di Banjarnegara. 

Baca Juga: Purbalingga Dukung Gerakan Ketahanan Pangan Nasional

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: Pemkab Banjarnegara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah