Banjarnegara Ulang Tahun ke 453, Ini Sejarah Kelahiran

- 26 Februari 2024, 13:50 WIB
Raden Jaka Kaiman salah satu tokoh yang tercatat pada sejarah kelahiran kabupaten Banjarnegara
Raden Jaka Kaiman salah satu tokoh yang tercatat pada sejarah kelahiran kabupaten Banjarnegara /Brave/

BANJARNEGARAKU.COM - Banjarnegara memperingati hari lahir pada tiap 26 Februari. Pada hari Senin 26 Februari 2024 Banjarnegara ulang tahun yang ke 453. Ternyata ada sejarah unik yang jadi alasan tanggal ini diperingati sebagai hari jadi. 

Tanggal 22 Februari diperingati sebagai hari jadi kabupaten Banyumas dengan usia yang sama 453 tahun. Ternyata memang kelahiran keduanya berkaitan. 

Baca Juga: Banjarnegara Bersemangat, Bermanfaat dan Sumringah, Mengiringi Tema Peringatan Hari Jadi Banjarnegara ke-453

Sebelum tahun 2020, Banjarnegara memperingati hari jadi Banjarnegara pada 22 Agustus. Hari tersebut ditetapkan dengan alasan sebagai hari diangkatnya Bupati Dipayuda IV melalui Resolutie Governoer General Buitenzorg 22 Agustus 1831 nomor 1 guna mengisi kekosongan kekuasaan wilayah Banjarwatulembu. 

Dilansir dari catatan Sejarah Kabupaten Banjarnegara yang ditulis ulang website kecamatan Klampok, Banjarnegara telah mengalami 3 periodisasi, yaitu :

  1. Periode Banjar Petambakan (1582 – 1780), dengan 12 masa bupati.
  2. Periode Banjarwatulembu (1780 – 1831), dengan 2 masa bupati.
  3. Periode Banjarnegara (1831 – sampai sekarang), sudah 15 kali masa jabatan bupati.

Baca Juga: Peringatan Hari Jadi ke-453 Banjarnegara: Sinergi Pemerintah-Masyarakat, Kebersamaan Membangun Daerah

Penelusuran periodisasi lebih awal daripada Periode Banjarnegara ini yang membawa Banjarnegara memperingati hari jadi pada tanggal yang sama dan usia yang sama dengan kabupaten Banyumas. 

Sejarah pilihan tanggal hari jadi Banjarnegara

Kelahiran Banjarnegara ditetapkan oleh ketetapan hukum DPRD Banjarnegara. Ketetapan yang dimaksud adalah Peraturan Daerah nomor 6 tahun 2019 tentang Hari Jadi Kabupaten Banjarnegara. 

Kabupaten Banjarnegara telah mengadakan paling tidak 2 kali diskusi untuk mengkaji, meninjau dan meneliti tentang hari jadi yang lebih tepat. Sarasehan Hari Jadi digelar pada bulan Agustus tahun 2015 dan tahun 2017. Akhirnya DPRD Kabupaten Banjarnegara berinisiatif untuk mengajukan Raperda Hari Jadi pada tahun 2018. 

Halaman:

Editor: Aris BRAVE

Sumber: Pemkab Banjarnegara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah