Perajin Batik Purbalingga Didorong Berinovasi Kreatif

- 5 Oktober 2023, 16:17 WIB
Perajin Batik Purbalingga Didorong Berinovasi Kreatif
Perajin Batik Purbalingga Didorong Berinovasi Kreatif /Dian Sulistiono/

BANJARNEGARAKU.COM - Dalam rangka peningkatan daya saing pelaku usaha ekonomi kreatif batik, Pemerintah Kabupaten Purbalingga melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag) Kabupaten Purbalingga melaksanakan kegiatan Pelatihan Desain Pola Batik Pada Fashion, Kamis 5 Oktober 2023.

Pelatihan yang digelar di Rumah Makan Opera Steak, akan berlangsung selama tiga hari mulai 5-7 Oktober 2023, dan diikuti oleh 25 orang desainer dan perajin batik di Purbalingga.

Baca Juga: Cek Kesiapan Pasukan di HUT ke-78 TNI, Jokowi Naik Tank didampingi Panglima TNI

Kepala Dinperindag Purbalingga, Johan Arifin, menyampaikan salah satu fokus utama dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi pelaku IKM kerajinan batik di Purbalingga agar bisa bersaing, serta untuk membangkitkan semangat cinta terhadap batik-batik khas Purbalingga.

"Untuk mempertajam kemampuan desainer dalam menciptakan fashion dengan ciri khas batik Purbalingga," katanya.

Selain itu dengan adanya pelatihan ini diharapkan IKM batik dapat melakukan diversifikasi produk, dengan menerapkan pola batik ke semua kebutuhan fashion, mengingat batik tidak hanya cocok untuk pakaian saja.

Baca Juga: Daftar Harga Tiket Bus Efisiensi dari Purwokerto, Purbalingga, dan Bobotsari ke Jogja, Via Bukateja Klampok

"Jadi melakukan diversifikasi pola batik ke semua kebutuhan fashion dari kepala sampai ke kaki. Mulai dari topi, baju, kaos, celana, hingga sepatu," lanjutnya.

Potensi Pasar Batik di Purbalingga

Halaman:

Editor: Dimas D. Pradikta

Sumber: Dinkominfo Purbalingga


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah