Bupati Tiwi Pesan Ketua RT Prioritaskan Manfaat Bagi Masyarakat, Saat Musda PKRT...

- 22 April 2024, 11:00 WIB
Bupati Tiwi Pesan Ketua RT Prioritaskan Manfaat Bagi Masyarakat, Saat Musda PKRT Purbalingga.../Prokopim Purbalingga
Bupati Tiwi Pesan Ketua RT Prioritaskan Manfaat Bagi Masyarakat, Saat Musda PKRT Purbalingga.../Prokopim Purbalingga /Dian Sulistiono/

BANJARNEGARAKU.COM - Paguyuban Ketua Rukun Tetangga (PKRT) Kabupaten Purbalingga menggelar Musyawarah Daerah (Musda) 1, Minggu 21 April 2024. Pada pembukaan Musda ini, Bupati titip pesan agar siapapun ketua yang terpilih nanti bisa membawa PKRT sebagai organisasi yang terus memberi manfaat bagi masyarakat.

"Siapapun yang terpilih saya harap mampu membawa PKRT lebih solid, kompak dan keberadaan PKRT yang sudah berjalan bisa memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat," kata Bupati dalam acara yang diselenggarakan di Graha Andrawina Owabong, Kecamatan Bojongsari.

Baca Juga: Lengkap & Terbaru! 35 Contoh Soal Bahasa Inggris Kelas 6 SD MI Persiapan Ujian Sekolah Tahun 2024

Bupati mengucapkan terima kasih atas peran serta para PKRT dalam kontribusinya membantu pemerintah. Salah satunya membantu verifikasi pendataan kemiskinan. Selain itu keberadaanya juga mempermudah Badan Pusat Statistik (BPS) dalam melakukan berbagai sensus.

Bupati juga mengapresiasi, berkat peran Ketua RT, program Universal Health Coverage (UHC) Pemkab Purbalingga dalam penjaminan kesehatan sudah tersosialisasi ke masyarakat dengan baik. Melalui capaian UHC masyarakat tidak mampu akan mendapatkan perawatan gratis di RSUD sekalipun belum memiliki BPJS Kesehatan.

"Ketua RT telah membantu memberi pemahaman bahwa masyarakat tidak mampu, tidak perlu lagi takut berobat ke RSUD baik karena takut biaya mahal atau tak memiliki BPJS," katanya.

Baca Juga: Lengkap & Terbaru! 15 Contoh Soal Bahasa Inggris Kelas 6 SD MI Persiapan Ujian Sekolah Tahun 2024 Part 2

Mengingat strategisnya peran PKRT, Bupati rencananya akan memberi honor tambahan bagi para Ketua RT. Sehingga disamping mereka dapat honor dari pemerintah desa masing-masing, mereka juga dapat tambahan honor yang pembayarannya juga dititipkan melalui pemerintah desa.

"Dalam kepengurusan yang baru nanti, kami juga akan kembali mengucurkan dana hibah untuk PKRT. Dengan harapan keberadaan organisasinya dirasakan manfaatnya bagi masyarakat. PKRT harus jadi penggerak masyarakat untuk mendukung program kerja pemerintah dari desa hingga kabupaten," katanya.

Halaman:

Editor: Dian Sulistiono

Sumber: Prokopim Purbalingga


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah