Apakah Itu GERD dan Bagaimana Cara Mengatasinya, Ayo Kenali Bersama

- 28 Maret 2022, 10:40 WIB
Ilustrasi penyakit GERD. Apa itu penyakit GERD yang diderita Maia Estianty? Ini penyebab dan cara mengatasinya.
Ilustrasi penyakit GERD. Apa itu penyakit GERD yang diderita Maia Estianty? Ini penyebab dan cara mengatasinya. /PIXABAY/@nastya_gepp

BANJARNEGARAKU - Jika anda sering mengalami mulut terasa asam disertai rasa perih di dada hingga ke tenggorokan, bisa jadi itu adalah gejala GERD, kenali apa saja gejala GERD dan langkah-langkah untuk menanganinya.

Dilansir dari laman alodokter.com GERD (gastroesophageal reflux disease) atau penyakit asam lambung disebabkan oleh melemahnya katup atau sfingter yang terletak di kerongkongan bagian bawah.

Normalnya, katup ini akan terbuka untuk memungkinkan makanan serta minuman masuk menuju lambung dan dicerna.

Baca Juga: Maia Estianty Dilarikan ke IGD, Begini Ceritanya

Setelah makanan atau minuman masuk ke lambung, katup ini akan tertutup kencang guna mencegah isi lambung kembali naik ke kerongkongan.

Namun pada penderita GERD, katup ini melemah, sehingga tidak dapat menutup dengan baik.

Hal ini mengakibatkan isi lambung yang berisi makanan dan asam lambung naik ke kerongkongan, apabila kondisi ini terjadi terus-menerus, lapisan kerongkongan akan mengalami iritasi hingga peradangan dan lama kelamaan menjadi lemah.

Baca Juga: Jelang Ramadhan, Ini yang Dilakukan Satpol PP Purbalingga

Gejala yang biasa terjadi saat asam lambung naik adalah rasa asam atau pahit di mulut dan sensasi perih atau panas terbakar di dada dan ulu hati.

Halaman:

Editor: Dimas D. Pradikta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x