Pj Bupati Banjarnegara Himbau Masyarakat Tenang dan Waspada Terkait Aktifitas Gunung Dieng

- 19 Januari 2023, 08:53 WIB
Pj Bupati Banjarnegara bersama BPBD, PVMBG, Camat Batur dan petugas terkait kunjungi kawah Sileri
Pj Bupati Banjarnegara bersama BPBD, PVMBG, Camat Batur dan petugas terkait kunjungi kawah Sileri /doc. Pemkab Banjarnegara

BANJARNEGARAKU.COM - Masyarakat dihimbau tetap tenang dan waspada serta tidak terpancing isu yang tidak benar atau hoax terkait aktivitas gunung api Dieng.

Hal tersebut dikemukakan Pj Bupati Banjarnegara Tri Hasto Widirahmanto ketika meninjau lokasi kawah Timbang dan kawah Sileri di Dieng pada Rabu 18 Januari 2023.

“Terkait dengan hal tersebut dihimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan waspada, tidak mendekati dan beraktivitas di sekitar kawah Timbang dan kawah Sileri dalam jarak 500 meter hingga radius 1000 meter," ujarnya.

Lebih jauh dia menjelaskan, sejak 15 januari 2023 terjadi aktifitas peningkatan gas CO2 seperti keterangan dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Badan Geologi (PVMBG) Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral pada 16 Januari 2023.

Baca Juga: Ketua STIE Tamansiswa Banjarnegara Raih Gelar Doktoral, Komitmen Kuat Majukan Dunia Pendidikan

"Ada peningkatan aktivitas di gunung Dieng yang semula pada level satu menjadi level dua atau waspada," lanjutnya.

Pihaknya menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu mengikuti arahan dari BPBD, sumber informasi yang akurat dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Badan Geologi (PVMBG) , BMKG, dan BPBD.

“Ikuti sumber informasi yang terpercaya, sehingga hanya ada satu kebenaran yang menjadi rujukan,” tegasnya.

Selain itu masyarakat  di sekitar kawah Timbang dan Sileri untuk tidak melakukan aktifitas pada radius 1000 meter dan diharapakan masyarakat yang mau beraktifitas untuk melakukanya pada siang hari.

Halaman:

Editor: M. Alwan Rifai


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x