Promosikan Produk UMKM Cendol Dawet Ayu Banjarnegara, Anggota DPR RI Lasmi Indaryani: Saatnya Naik Kelas

- 1 Juli 2023, 15:18 WIB
Dawet ayu premium tanpa santan dan tanpa susu, dengan brand Srikandi Dawet Ayu Banjarnegara
Dawet ayu premium tanpa santan dan tanpa susu, dengan brand Srikandi Dawet Ayu Banjarnegara /Lasmi Indaryani/Banjarnegaraku.com

BANJANEGARAKU.COM - Anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat Asli Banjarnegara Lasmi Indaryani SE ST MM, promosikan produk UMKM cendol dawet ayu yang menjadi produk oleh-oleh khas dan ikon dari Kabupaten Banjarnegara.

Minuman tradisional ini menjadi ciri khas Kabupaten Banjarnegara, bahkan menjadikan ikon dan sebutan kota Dawet Ayu bagi Kabupaten Banjarnegara, yang telah melegenda dan masih eksis hingga saat ini.

Bahkan pada tahun 2020 lalu, Dawet Ayu Banjarnegara menyabet dua piala pada ajang Anugerah Pesona Indonesia (API), dawet ayu Banjarnegara meraih juara 1 kategori minuman tradisional terpopuler sekaligus sebagai minuman terfavorit pilihan masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Twitter Sekarang Mengharuskan Pengguna Login Dulu untuk Bisa Melihat Tweet

Penghargaan API Award 2020 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Hotel Inaya Bay, Labuan Bajo, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), diterima langsung oleh Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono pada 23 Mei 2021.

Apa itu Dawet Ayu Banjarnegara?

Dawet merupakan minuman tradisional yang terbuat dari tepung beras. Umumnya, dawet disajikan dengan es parut atau es geprek, santan, dan gula jawa cair.

Dawet dibuat dari bahan dasar tepung beras dan sagu aren, sementara cendol dibuat dari tepung kanji dengan warna hijaunya diperoleh secara alami dari perasan daun pandan. Gula yang digunakan pada dawet ayu bukanlah gula merah cair atau gula kelapa, melainkan gula aren.

Dawet Ayu Srikandi Banjarnegara bersama Dinas Pariwisata Banjarnegara saat mengikuti pameran gebyar wisata Nusantara di SMESCO Jakarta, pada 8-11 Juni 2023
Dawet Ayu Srikandi Banjarnegara bersama Dinas Pariwisata Banjarnegara saat mengikuti pameran gebyar wisata Nusantara di SMESCO Jakarta, pada 8-11 Juni 2023 Tangkap layar instagram @lasmiindaryani

Halaman:

Editor: Dimas D. Pradikta

Sumber: Wawancara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x