337 Juta Data Dukcapil Diduga Bocor, Begini Kata Kemendagri

- 18 Juli 2023, 08:31 WIB
337 juta data Dukcapil diduga bocor, dijual di Forum Hacker. Kemendagri diduga mengalami kebocoran data dan dijual di forum online hacker, Breach Forums. (Foto ilustrasi: Pixabay/Franz26)
337 juta data Dukcapil diduga bocor, dijual di Forum Hacker. Kemendagri diduga mengalami kebocoran data dan dijual di forum online hacker, Breach Forums. (Foto ilustrasi: Pixabay/Franz26) /

BANJARNEGARAKU.COM - Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri Teguh Setyabudi buka suara terkait adanya dugaan kebocoran data Dukcapil.

 

Teguh mengatakan bahwa data yang berada di Breachforums formatnya tidak sama dengan data kependudukan yang ada di Ditjen Dukcapil.

"Yang bisa kami informasikan adalah bahwa data yang ada di Breachforums dilihat dari formatnya elemen datanya tidak sama dengan yang terdapat di database kependudukan yang ada di Ditjen Dukcapil saat ini," kata Teguh dikutip Banjarnegaraku.com dari Antara.

Dia mengungkapkan bahwa berdasarkan hasil mitigasi preventif dan audit investigasi yang dilaksanakan oleh pihaknya bersama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) tidak menemukan adanya kebocoran data.

Baca Juga: Resmi! Ini Daftar Menteri dan Wamen yang Dilantik Jokowi Hari Ini

"Direktorat Jenderal (Ditjen) Dukcapil Kemendagri bersama BSSN dan stakeholders terkait lainnya telah melaksanakan mitigasi preventif dan audit investigasi secara tepat dengan hasil sejauh ini tidak ditemukan jejak kebocoran data pada SIAK Terpusat Onlinebyang dijalankan Ditjen Dukcapil Kemendagri," ujarnya.

Walaupun begitu, sampai berita ini ditulis, Ditjen Dukcapil dan BSSN terus melakukan audit investigasi.

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x