Musibah! 52 Kapal Dilalap Si Jago Merah di Pelabuhan Jongor Tegal

- 15 Agustus 2023, 15:05 WIB
Pemadaman kebakaran kapal
Pemadaman kebakaran kapal /Brave/Oky Lukmansyah / Antara

 

BANJARNEGARAKU.COM - Musibah! Si Jago Merah menghanguskan 52 kapal di Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Jongor, kelurahan Tegalsari, kota Tegal. Peristiwa nahas ini terjadi pada Senin 14 Agustus 2023 sekira pukul 18.30 WIB. Kebakaran diduga diawali dari kapal KM Kurnia Jaya. 

Saksi di lokasi menceritakan awal mula kejadian kebakaran, saat itu kapal KM Kurnia Jaya yang sedang bersandar. Karena parkir kapal begitu rapat hingga akhirnya merembet membakar kapal-kapal yang lain.

Pemadam kebakaran yang datang berusaha keras memadamkan si jago merah yang melahap kapal dengan ganasnya. Kebakaran kapal yang berlokasi di PPP Jongor Kota Tegal hingga Selasa (15 Agustus 2023) pukul 01.30 WIB dini hari kobaran api belum berhasil padam. Sejumlah petugas pemadam kebakaran masih melakukan upaya pemadaman melawan si jago merah yang sudah menghanguskan puluhan kapal tersebut.

Baca Juga: Menggali Akar Sejarah Maritim, Membuahkan Pendidikan Karakter dengan Teknologi AR

Kapolres Tegal Kota AKBP Jaka Wahyudi yang turun langsung memimpin pengamanan dan pemadaman kebakaran mengatakan, pada sekitar pukul 18.30 WIB telah terjadi kebakaran dari salah satu kapal KM Kurnia Jaya yang sedang bersandar.

Kondisi tiupan angin cukup besar dan banyaknya kapal yang berlabuh dengan posisinya saling berdekatan. Sehingga kobaran api dengan cepat menyambar kapal-kapal yang lain.

"Disamping posisi kapal yang saling berdekatan, kondisi angin juga kencang, sehingga api cepat merambat ke kapal lainnya. Puluhan unit mobil pemadam kebakaran dari Kota Tegal, Brebes, Slawi dan Mobil Water Cannon Polres turut memadamkan api dan melokalisir kapal-kapal yang terbakar, "ungkap Kapolres.

Sementara untuk menyelamatkan kapal-kapal lain yang belum terbakar, lanjut Kapolres, petugas gabungan berupaya dengan membuka alur kapal untuk keluar. Agar satu persatu kapal bisa bergeser menjauh dari titik lokasi kebakaran, "tambahnya.

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: Portal Brebes


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x