Sudah Seminggu Kebakaran Savana Gunung Bromo Belum Padam Juga Justru Tambah Luas

- 12 September 2023, 13:24 WIB
Kebakaran di gunung Bromo akibat suar yang dibawa saat sesi foto pranikah 6 September 2023
Kebakaran di gunung Bromo akibat suar yang dibawa saat sesi foto pranikah 6 September 2023 /Brave/Balaibesartamannasional / tangkap layar

BANJARNEGARAKU.COM - Kebakaran yang berawal di savana lembah Watangan semenjak Rabu 6 September 2023 belum juga padam. Kebakaran terus meluas. Kebakaran ini diawali api kecil dari suar (flare) yang dibawa pasangan saat sesi foto pra nikah. Api tersebut sempat dipadamkan, namun tidak benar-benar padam. 

Seorang Wedding Organiser yang menyarankan pasangan yang melakukan foto untuk menggunakan suar (flare) sudah ditahan pihak kepolisian. Sementara beberapa orang lain yang terlibat kegiatan itu dikenakan wajib lapor. 

Baca Juga: Waspada! Depresi Bisa Jadi Penyebab Diabetes Tipe 2

Dilansir dari laman pasuruankab, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan, Sugeng Hariyadi mengatakan, kebakaran kawasan Gunung Bromo sudah merembet ke arah barat wilayah Nongkojajar. Tepatnya di Bukit Keciri, Desa Ngadirejo, Kecamatan Tutur, pada Senin 11 September 2023.

Sementara ke arah selatan, api sudah mencapai wilayah Bukit Jemplang, Desa Ngadas, Kabupaten Malang. Hal ini dikatakan berdasarkan pantauan oleh Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang, Sadono Irawan. 

"Kondisi anginnya kencang sehingga titik apinya cepat merembet," ujar Sadono.

Pemadaman di kabupaten Pasuruan dan kabupaten Malang dilakukan oleh relawan dengan cara memukul api menggunakan ranting. Namun cara ini tidak benar benar efektif terbukti kebakaran masih terus meluas. Selain itu juga dilakukan dengan waterbom menggunakan helikopter. 

Baca Juga: Pengen Bisa Tidur yang Berkualitas! Seperti Apa ya?

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: berbagai sumber Pasuruankab


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x