Neraka Bocor Alus: Terungkap Penyebab Cuaca Panas pada 28 dan 29 September 2023, BMKG Ingatkan Ini

- 30 September 2023, 05:23 WIB
Neraka Bocor Alus Terungkap Penyebab Cuaca Panas pada 28 dan 29 September 2023, Ini Sebabnya
Neraka Bocor Alus Terungkap Penyebab Cuaca Panas pada 28 dan 29 September 2023, Ini Sebabnya /afif/

BANJARNEGARAKU.COM - Beberapa diantara sobat Banjarnegaraku.com ada yang mungkin merasakan cuaca panas pada hari Kamis dan Jumat kemaren. Apakah penyebab fenomena 'Neraka Bocor Alus' yang terasa panas. Kali ini terungkap penyebab cuaca panas pada 28 dan 29 September 2023 hingga BMKG mengingatkan hal ini.

Suhu udara pada kamis dan jumat, 28 dan 29 September 2023 memang terasa panas. Bahkan beberapa kota yang terdapat stasiun meteorologi mencatatkan suhu di atas rata-rata. Fenomena panas seperti ini biasanya dikeluhkan oleh sebagian orang sebagai fenomena 'Neraka Bocor Alus'.

Apa penyebab fenomena Neraka Bocor Alus yang membuat suhu udara di beberapa kota di yang terdapat stasiun meteorologi tercatat di atas rata-rata? Simak artikel berikut ini.

Baca Juga: Jangan Asal Pasang: Arti Bendera Setengah Tiang pada 30 September dan Bendera Tiang Penuh pada 1 Oktober

Menurut rilis BMKG via unggahan di saluran whatsapp bercentang biru (akun terverifikasi) tercatat di stasiun meteorologi di beberapa kota mengalami suhu di atas rata-rata. Menurut BMKG suhu rata-rata tahunan di Indonesia adalah 27 derajat dalam skala celcius.

Tercatat suhu 37.8 derajat celsius di Stasiun Meeorologi Jawa Tengah dan Kertajati. Angka ini menjadi yang tertinggi di antara suhu yang tercatat pada stasiun meteorologi di kota lain. Suhu 35.8 derajat celsius tercatat oleh Stasiun Meteorologi Sulta Muhammad Salahudin di Bima menjadi yang terendah.

Lantas apa penyebabnya? Masih dikutip dari rilis BMKG dari saluran resminya di whatsapp bahwa penyebab cuaca panas itu adalah matahari yang tepat berada di garis khatulistiwa dan tutupan awan yang sedikit.

Baca Juga: Jadwal Tayang Film G30S PKI di TV 30 September 2023, Jangan Tonton Kalo Nyali Setipis Tisu

Halaman:

Editor: Dimas D. Pradikta

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x