Jadwal Tayang Film G30S PKI di TV 30 September 2023, Jangan Tonton Kalo Nyali Setipis Tisu

- 29 September 2023, 22:06 WIB
Jadwal Tayang Film G30S PKI di TV 30 September 2023, Jangan Tonton Kalo Nyali Setipis Tisu
Jadwal Tayang Film G30S PKI di TV 30 September 2023, Jangan Tonton Kalo Nyali Setipis Tisu /YouTube/Hendra Ahya

BANJARNEGARAKU.COM - Jangan tonton film G30S PKI di TV kalo nyali setipis tisu. Film lawas ini mempunyai backsound yang bikin merinding. Bagi yang punya nyali, cek jadwal tayang film G30S PKI 30 September 2023.

Film G30S PKI merupakan film lawas yang biasanya diputar setiap tanggal 30 September. G30S sendiri merupakan akronim dari Gerakan 30 September yang menjadi tema film tentang pengkhanatan kepada pemerintahan Soekarno oleh Partai Komunis Indonesia (PKI) pada 30 September 1965.

Film ini sejatinya berjudul "Penumpasan Pengkhianatan G30S PKI" namun lebih popluer  dengan nama Film G30S PKI.

Baca Juga: Semarak Hari Jadi MAN 2 Banjarnegara, Lomba Hias Tumpeng Menjadi Pembuka Rangkaian Acara

Film G30S PKI diawali dengan dengan gambaran kondisi masyarakat Indonesia pada tahun 1965 yang dalam kondisi krisis dan klimaksnya yaitu saat adegan penculikan dan penganiayaan 6 Jenderal dan 1 perwira TNI yang sekarang dikenang dengan Pahlawan Revolusi karena mempertahankan Pancasila sebagai ideologi negara yang akan dirubah menjadi lebih kiri oleh PKI.

Film berdurasi 3 jam 30 menit menit itu pertama kali tayang pada tahun 1984. Pada era Orde Baru, film ini wajib tayang pada 30 September di TVRI. Di era reformasi, film yang disutradari oleh Arifin C. Noer ini menjadi kontroversi karena dianggap menjadi alat propaganda semata oleh pemerintah Orde Baru saat itu. Namun terlepas dari kontroversi tersebut, film G30S PKI mengajarkan pada kita akan bahaya laten komunis yang sangat bertentangan dengan Pancasila.

Tragedi 30 September 1965 termasuk sejarah kelam dimana PKI memberontak untuk kesekian kalinya sebelum akhirnya dibubarkan oleh Pemerintah Orde Baru. Pemberontakan untuk mengusung misi membentuk angkatan ke-5 yaitu mempersenjatai petani dan buruh selain matra atau angkatan yang sudah ada yaitu angkatan darat, angkatan laut, angkatan udara, dan kepolisian.

Baca Juga: Gregetan: Akun Kamal Calon Dokter Diburu Netizen, Tidak Merasa Bersalah?

Halaman:

Editor: Dimas D. Pradikta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x