Tahukah Kamu 2 Oktober Hari Apa? Ternyata Hari Batik Nasional, Berikut Sejarah Singkatnya...

- 30 September 2023, 13:05 WIB
Ilustrasi batik khas Indonesia. Tahukah Kamu 2 Oktober Hari Apa? Ternyata Hari Batik Nasional, Berikut Sejarah Singkatnya...
Ilustrasi batik khas Indonesia. Tahukah Kamu 2 Oktober Hari Apa? Ternyata Hari Batik Nasional, Berikut Sejarah Singkatnya... /www.Pexel.com/Jhon Bastian

BANJARNEGARAKU.COM - Sebagai bangsa yang besar, tentu kita tahu berbagai budaya dan khas bangsa Indonesia. Dan salah satunya adalah batik sebagai khasanah budaya bangsa Indonesia yang melegenda, bahkan sudah mulai dikenal di belahan dunia. Karena batik adalah perpaduan seni dan teknologi yang diturunkan dari leluhur kita.

Dan telah kita tahu bersama bahwa seni batik dibuat secara khusus dengan cara menuliskan atau menerakan malam pada kain, untuk membuat batik orang-orang harus memiliki kemampuan khusus.

Baca Juga: Operasi ODOL Digelar Oleh Tim Gabungan di Jalan Tol Semarang, Simak! Seperti Apa Hasilnya

Sebagaimana yang dirangkum banjarnegaraku.com dari PikiranRakyat-Depok.com pada 30 September 2023, 2 Oktober Hari Apa? Ada Hari Batik Nasional, Berikut Sejarah Singkatnya.

Sebagai bekal informasi buat kalian, inilah sejarah Hari Batik Nasional yang diperingati di tanggal 2 Oktober setiap tahunnya.

Tahukah kamu, ternyata batik sudah ada sejak zaman kerajaan Majapahit, seperti yang diketahui dulu batik adalah menjadi pakaian khas kerajaan yang hanya dipakai oleh keluarga kerajaan dan pegawainya.

Baca Juga: Aksi World Clean Up Day, Ajak OPD Lebih Peduli pada Alam, Begini Kata PJ Bupati Hanung...

2 Oktober diresmikan Sebagai Hari Batik Nasional oleh SBY

Dan secara Nasional, Hari Batik Nasional jatuh pada tanggal 2 Oktober yang telah diresmikan pada tahun 2009 saat kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Selain itu, Hari Batik Nasional juga menjadi sangat penting di Indonesia karena tidak lepas dari keputusan resmi United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Halaman:

Editor: Dimas D. Pradikta

Sumber: Depok.pikiran-rakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Formasi PPPK 2023 Provinsi Jambi

22 September 2023, 19:09 WIB

Formasi PPPK 2023 Kabupaten Brebes

22 September 2023, 19:02 WIB

Formasi PPPK 2023 Kabupaten Bengkulu Tengah

22 September 2023, 18:56 WIB

Formasi PPPK 2023 Kabupaten Sigi

22 September 2023, 18:37 WIB

Terpopuler

Kabar Daerah