Tiba di KPK Kamis Malam, SYL Diborgol

- 13 Oktober 2023, 17:17 WIB
Tangkapan layar laman antara yang memperlihatkan SYL tiba di gedung KPK dengan tangan diborgol
Tangkapan layar laman antara yang memperlihatkan SYL tiba di gedung KPK dengan tangan diborgol /afif/Antara/

BANJARNEGARAKU.COM - Mantan menteri pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) tiba di KPK dengan tangan diborgol pada Kamis 12 Oktober 2023 sekitar puku 19.16. Tidak ada keterangan apa pun saat Mantan Menteri Pertanian itu tiba di gedung KPK.

Sebelumnya Mantan Gubernur Sulawesi Selatan itu ditetapkan sebagai tersangka pada Rabu 11 Oktober 2023. SYL tidak sendri, ada 2 pejabat di lingkungan kementan yang juga ditetapkan sebagai tersangka.

Baca Juga: Korban Konflik Israel Palestina Terus Bertambah, 143 WNI Terjebak di Wilayah Konflik Selamat

Dua pejabat Kementan masing-masing Sekertaris Jendral (Sekjen) Kementan, Kasdi Subagyono (KS) dan Mohammad Hatta (MH), Direktur Alat dan Mesin Pertanian Kementan. SYL beserta kedua pejabat lainnya ditetapkan tersangka atas kasus dugaan penyalahgunaan kekuasaan di lingkungan Kementerian Pertanian. 

"Dengan masuknya laporan masyarakat dan dilengkapi informasi dan data sehingga dapat dan menemukan adanya peristiwa pidana, sehingga menetapkan dan mengumumkan tersangka: SYL, Menteri Pertanian 2019-2024, KS Sekjen Kementerian Pertanian, MH Direktur Alat dan Mesin Pertanian." Kata wakil ketua KPK Johanis Tanak dikutip dari Antara.

Dikutip dari antara, Penyidik KPK menerapkan 3 pasal kepada para tersangka yaitu pasal 12 huruf e dan pasal 12 B UU RI Nomor 20 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Baca Juga: 43 Calon Kades Sepakat Deklarasi Damai, Pj Bupati Banyumas: Jauhi Segala Bentuk Provokasi

Dengan ditetapkannya SYL sebagai tersangka oleh KPK, menambah daftar politisi partai yang menjadi tersangka kasus korupsi.***

Editor: Dimas D. Pradikta

Sumber: ANTARA


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x