Argo Semeru dan Argo Wilis Anjlok, Berikut Kereta yang Batal Berangkat dan Dialihkan

- 17 Oktober 2023, 18:08 WIB
KA Argo  Semeru dan KA Argo Wilis Anjlok di lokasi 520 + 4 petak jalan Sentolo - Wates kabupaten Kulon Progo, DIY
KA Argo Semeru dan KA Argo Wilis Anjlok di lokasi 520 + 4 petak jalan Sentolo - Wates kabupaten Kulon Progo, DIY /Brave/PRMN

BANJARNEGARAKU.COM - Kecelakaan anjloknya Kereta Api (KA) Argo Semeru disusul KA Argo Wilis di jalur kereta yang bersebelahan menyebabkan banyak jadwal kereta atau diundur jadwalnya. Kecelakaan KA Argo Semeru terjadi pada 13.15 WIB Selasa 17 Oktober 2023 di lokasi 520 + 4 petak jalan Sentolo - Wates kabupaten Kulon Progo, DIY. 

Sekira 10 menit kemudian KA Argo Wilis relasi Bandung - Surabaya Gubeng menyerempet KA Argo Semeru pada beberapa bagian. Beberapa gerbong Argo Wilis sempat keluar dari rel yang berada pada jalur di sebelah KA Argo Semeru. 

Baca Juga: Gurihnya Soto Bonjok dari Banyumas, Rasanya Nikmat Bikin Ketagihan....

Dilansir dari siaran pers KAI, ada beberapa upaya sudah dilakukan untuk mengatasi persoalan ini. Pada saat ini KAI sudah melakukan evakuasi pada penumpang eks KA 17 Argo Semeru dengan mengalihkannya ke KA Sawunggalih menuju Stasiun Kroya atau Purwokerto, untuk selanjutnya melanjutkan dengan KA lain ke Jakarta. Adapun penumpang KA 6 Argo Wilis dievakuasi menggunakan KA Bandara YIA menuju Stasiun Yogyakarta untuk dialihkan ke KA lain menuju Surabaya. 

“Untuk meminimalisasi dampak keterlambatan pada KA-KA lainnya, KAI melakukan rekayasa pola operasi dengan memutar KA-KA yang seharusnya melalui petak jalan Jogyakarta – Kutoarjo (jalur selatan), dialihkan dengan melalui petak jalan Tegal – Semarang (jalur Utara),” kata EVP of Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji.

Dilansir dari KRJogja, KAI Commuter melakukan pembatalan sementara perjalanan Commuter Line Prambanan Ekspres (Prameks) untuk relasi Yogyakarta – Kutoarjo dan sebaliknya mulai Selasa, 17 Oktober 2023 siang. Hal tersebut imbas anjloknya KA Argo Semeru di kawasan Sentolo – Wates.

Baca Juga: 8 Negara dengan Pemimpin Nasional Termuda di Dunia, Korea Utara Sudah Siapkan Kim Jong Un dari Lahir

Berikut adalah jadwal KA-KA yang mengalami dampak kejadian tersebut dan dilakukan pola rekayasa operasi memutar di antaranya:

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: KAI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah