Gempa M 7,7 Berpotensi Tsunami Kembali Terjadi di Mindanao Filipina

- 3 Desember 2023, 00:24 WIB
Ilustrasi gempa
Ilustrasi gempa /Brave/Tumisu/Pixabay

BANJARNEGARAKU.COM - Kembali terjadi gempa besar M7,7 pada 2 Desember 2023 pukul 22:37:06 WIB pada lokasi 8.61 U ; 126.44 T dengan pusat gempa (epicenter) pada 19 km TimurLaut Gamut di kedalaman 45 km. Lokasi gempa di Caraga, Mindanao, Filipina. 

Gempa ini berpotensi Tsunami untuk wilayah Filipina, Palau, Malaysia dan Indonesia. Pada wilayah Indonesia, peringatan tsunami ini berlaku untuk wilayah Sulawesi Utara, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua. 

Baca Juga: Awal Desember 23 Ada 2 Longsoran Terjadi pada Daerah Berbeda dalam Sehari di Banjarnegara

Gempa sebelumnya M7,5 terjadi pada Sabtu 2 Desember 2023, pukul 21:36:27 WIB. Perkiraan lokasi gempa yaitu di Melonguane, Sulawesi Utara. Gempa tersebut terjadi pada koordinat 11.56 U dan 126.87 T, dengan kedalaman 113 km di bawah permukaan laut. Informasi ini dirilis oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Indonesia.

Dilansir dari BMKG dikutip dari Pikiran Rakyat Garut, gempa bumi ini memiliki pusat gempa sekitar 840 km di timur laut Melonguane. Pusat gempa yang cukup dalam ini menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat kerusakan dan potensi tsunami.

Gempa dengan magnitudo sebesar 7.5 memiliki potensi untuk menyebabkan kerusakan struktural pada bangunan dan infrastruktur di sekitar pusat gempa.

Baca Juga: Jerman Jawara Hasil Final Piala Dunia U-17 2023, Kalahkan Prancis dengan Dramatis

Gempa sering diikuti oleh guncangan-guncangan sekunder, yang dapat menambah kerusakan dan risiko bagi penduduk serta infrastruktur.

Peringatan dan Tindakan Darurat

Warga di daerah yang terkena dampak gempa diimbau untuk diharapkan tetap tenang dan waspada terhadap potensi guncangan lanjutan.

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x