Jokowi Tunjuk Tito Gantikan Mahfud MD sebagai Pelaksana Tugas Menko Polhukam

- 3 Februari 2024, 09:58 WIB
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian yang kini menjadi Pelaksana Tugas Menko Polhukam menggantikan Mahfud MD.
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian yang kini menjadi Pelaksana Tugas Menko Polhukam menggantikan Mahfud MD. /Mendagri

BANJARNEGARAKU.COM - Presiden Joko Widodo telah menandatangani Keputusan Presiden Nomor 20/P Tahun 2024 yang menunjuk Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian sebagai Pelaksana Tugas (Plt.) Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) menggantikan Mahfud MD yang telah membatalkan diri.

Diberitakan Antara bahwa penunjukan ini telah disampaikan dalam pesan singkat oleh Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana.

Berdasarkan keputusan tersebut, Tito Karnavian akan menjabat sebagai Pelaksana Tugas Menko Polhukam Kabinet Indonesia Maju periode 2019—2024 sampai ditunjuknya Menko Polhukam definitif.

Baca Juga: Foto Jokowi dengan Salam Dua Jari, Fakta atau Hoaks?

Mahfud Md. telah bertemu Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (1/2), untuk menyerahkan langsung surat pengunduran dirinya dari jabatan menteri di Kabinet Indonesia Maju.

Keputusan ini diambil sebagai contoh kepada pejabat negara lain agar tidak menyalahgunakan jabatan dan fasilitas negara untuk kampanye pemilu. Langkah politik ini telah dibahas dengan pasangannya pada Pilpres 2024, Calon Presiden RI Ganjar Pranowo, serta dengan partai pengusung/pendukung dan tim kampanye.***

Editor: Afif Fatkhurahman

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah