Nadiem Makarim Tegaskan Uang Kuliah Harus Rasional, Inilah Daftar PTN dengan Kenaikan UKT 2024

- 25 Mei 2024, 09:30 WIB
Nadiem Makarim Tegaskan Uang Kuliah Harus Rasional, Inilah Daftar PTN dengan Kenaikan UKT 2024
Nadiem Makarim Tegaskan Uang Kuliah Harus Rasional, Inilah Daftar PTN dengan Kenaikan UKT 2024 /Pikiran Rakyat Tangerang Kota/Dok. DPR RI

BANJARNEGARAKU.COM - Semakin maraknya Uang Kuliah Tunggal (UKT) naik diberbagai perguruan tinggi di Indonesia, dan reaksi banyak aksi demo dari para mahasiswa, begini respon dan tindak lanjut Nadiem Anwar Makarim.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim memastikan akan menghentikan kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang dianggap tidak rasional di perguruan tinggi.

Baca Juga: Inilah 37 Pemain Timnas Indonesia U-20 yang Berlaga di Toulon Cup, Amar Brkic dan Chow Yun Damanik Absen

Dikutip banjarnegaraku.com dari tangerangkota.pikiran-rakyat.com, Langkah sang menteri ini merupakan bagian dari respons terhadap isu kenaikan UKT yang memicu demonstrasi mahasiswa di berbagai daerah. Nadiem menyatakan komitmennya untuk menjaga keadilan biaya kuliah di Indonesia.

Komitmen Nadiem Makarim Menghentikan Kenaikan UKT

Nadiem menyampaikan komitmennya itu dalam rapat kerja bersama Komisi X DPR RI di Jakarta. Ia menegaskan bahwa kenaikan biaya kuliah harus rasional dan masuk akal, bahkan untuk mahasiswa dari keluarga dengan ekonomi lebih tinggi.

"Saya berkomitmen untuk memastikan bahwa lonjakan-lonjakan yang tidak rasional dalam UKT akan kami hentikan," ujar Nadiem seperti ditayangkan dalam TV Parlemen dilihat banjarnegaraku.com dari tangerangkota.pikiran-rakyat.com pada Jumat 24 Mei 2024.

Baca Juga: Wuiiih! Inilah Top 6 Bakso Paling Nampol di Pemalang, Wajib Dicoba Berikut Alamat Lengkapnya...

Pernyataan Nadiem merupakan respons terhadap isu kenaikan UKT yang memicu demonstrasi mahasiswa di berbagai daerah. Ia menyatakan telah menerima banyak laporan mengenai kenaikan biaya kuliah yang signifikan di beberapa perguruan tinggi negeri (PTN), terutama untuk mahasiswa di kelompok UKT di atas golongan kedua.

Nadiem memastikan pihaknya akan melakukan evaluasi menyeluruh untuk menghentikan kenaikan yang tidak wajar.

Halaman:

Editor: Dian Sulistiono

Sumber: tangerangkota.pikiran-rakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah