Maryanto 61 Tahun, Pendiri SN Menembus Batasan di Spartathlon 246 KM Yunani

- 5 Oktober 2023, 12:35 WIB
Logo Spartathlon Ultrarace 2023 di Yunani
Logo Spartathlon Ultrarace 2023 di Yunani /Brave/Spartathlon

BANJARNEGARAKU.COM - Banyak orang punya sudut pandang usia 61 tahun sudah dianggap lanjut usia, lemah bahkan sakit-sakitan. Berbeda dengan H Maryanto pendiri Lembaga Seni Pernapasan Satria Nusantara (SN). Pada usia 61 tahun, Maryanto berhasil menyelesaikan lomba Spartathlon yang memiliki jarak lintasan 246 km di Yunani. 

Spartathlon Ultrarace adalah jenis marathon (lari jarak jauh) yang terinspirasi dari sejarah penting untuk bangsa Yunani saat itu dalam mempertahankan Kota Athena dari serangan penjajah (Persia). Pada pertandingan setiap peserta diharuskan menempuh jarak 246 Km dengan berbagai variasi lintasan dan cuaca. Peserta hanya diberi waktu maksimal 36 jam untuk menjadi seorang finisher. 

Baca Juga: Era Digital Marketing, Masyarakat Harus Bijak Dalam Belanja

Perlombaan yang mengambil start di Acropolis melalui berbagai medan dari 0-1.200 mdpl. Lomba berakhir di garis finish di lokasi patung Raja Leonidas di Sparta ibukota Laconia. Para peserta melewati jalan aspal, jalan setapak, dan jalan rangkaian pegunungan.

Meskipun demikian keamanan dan keselamatan peserta tetap diperhatikan. Setiap 3 sampai 5 km ada pos bantuan dan disediakan makanan, air dan minuman lainnya serta perlengkapan pribadi pelari. Perlombaan dijalankan di bawah pengawasan polisi dan medis dengan dokter, fisioterapis, dan kendaraan darurat yang siap siaga sepanjang durasi balapan 36 jam. Perlombaan ini sangat menuntut ketahanan fisik, bukan saja karena jaraknya, tetapi juga karena persyaratan batas waktu dan kondisi cuaca.

Pengalungan medali finisher Spartathlon 23 Yunani bagi Maryanto dan Indah Juanita, peserta dari Indonesia
Pengalungan medali finisher Spartathlon 23 Yunani bagi Maryanto dan Indah Juanita, peserta dari Indonesia Tiktok $enja_SN

Kisah Maryanto menembus batasan di Spartathlon 2023

Maryanto adalah pendiri SN sebuah seni beladiri tenaga dalam modern yang mementingkan pernapasan. Ilmu tenaga dalam di SN ditujukan untuk kesehatan, seperti semboyan SN 'Sembuh - Sehat - Saudara'. Sebagai pendiri H Maryanto membuktikan sendiri ilmu yang diajarkannya. Sebagai lulusan FMIPA Kimia UGM, dia mengembangkan ilmu tenaga dalam yang dapat dipertanggungjawabkan dari sudut agama, kesehatan dan ilmu pengetahuan.

Maryanto mengungkapkan bahwa mencapai finish (finisher) bukanlah hal yang mudah. Seperti yang diungkapkan pada Times Indonesia pada 3 Oktober 2023 dari Athena, Yunani. 

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: berbagai sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x