Timnas Indonesia Buka Peluang Lolos Cetak Sejarah ke Babak 16 Besar, Berhasil Kalahkan Vietnam 1-0

- 20 Januari 2024, 10:10 WIB
imnas Indonesia Buka Peluang Lolos Cetak Sejarah ke Babak 16 Besar, Berhasil Kalahkan Vietnam 1-0
imnas Indonesia Buka Peluang Lolos Cetak Sejarah ke Babak 16 Besar, Berhasil Kalahkan Vietnam 1-0 /Foto : Reutes /

BANJARNEGARAKU.COM - Timnas Indonesia membuka peluang lolos dan bakal mencetak sejarah baru masuk ke Babak 16 Besar. Prestasi ini setelah Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam 1-0. Indonesia mencatatkan kemenangan penting pada matchday kedua Grup D Piala Asia 2023 atas Vietnam dengan keunggulan 1-0.

Gol semata wayang tersebut dicetak oleh kapten Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam, gol tercipta pada menit ke-43 melalui titik penalti. Dan gol tersebut didapat usai Rafael Struick dilanggar oleh pemain belakang Vietnam.

Baca Juga: Sri Mulyani Tidak Menepis Isu Dirinya akan Mundur dari Kabinet Jokowi

Dikutip banjarnegaraku.com dari Pikiran-Rakyat.com, kemenangan ini membuka asa Indonesia untuk lolos ke babak berikutnya meski dengan menempati peringkat ketiga terbaik. Laga berjalan menarik sejak menit pertama dan Indonesia langsung menekan pertahanan Vietnam yang dikawal kiper berdarah Ceko, Filip Nguyen.

Pelatih Shin Tae-yong menurunkan skuad terbaiknya pada laga ini. Di lini depan memainkan duet Rafael Struick, Egy Maulana Vikri, dan Yakob Sayuri. Lalu lini tengah yang dikawal Marselino Ferdinand dan Ivar Jenner beberapa kali turut merepotkan pertahanan Vietnam dengan dibantu oleh Asnawi Mangkualam dan Pratama Arhan di sisi sayap.

Sedangkan trio bek Indonesia Justin Hubner, Jordi Amat, dan Sandy Walsh bermain klin untuk menjaga lini belakang Indonesia yang digawangi oleh Ernando Ari. Indonesia sempat kesulitan menembus lini pertahanan Vietnam.

Baca Juga: Gus Baha: Jangan Pernah Merasa Susah, Karena Rahmat Allah SWT Pasti Sampai Kepada Kita

Peluang beberapa kali diciptakan justru oleh pemain belakang Indonesia, Sandy Walsh yang cukup merepotkan Filip Nguyen. Gol yang dinantikan pun tercipta saat Rafael Struick dijatuhkan di kotak penalti usai menerima long ball dari lini belakang Indonesia.

Asnawi Mangkualam yang dipercayakan oleh rekan-rekannya untuk menjadi penendang tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Gol ketiga Asnawi dari titik putih mencatatkan torehan penting Indonesia atas Vietnam di menit '43. Pertengahan babak pun berakhir untuk keunggulan Indonesia 1-0.

Halaman:

Editor: Dian Sulistiono

Sumber: Pikiran-Rakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x