Diserang Makhluk Mikroskopis, Ratusan Tentara Zionis Gatal-gatal Terinfeksi Bakteri dan Jamur

- 19 Januari 2024, 17:08 WIB
Ilustrasi - Foto yang dirilis Pasukan Pertahanan Israel (IDF) pada 1 Januari 2024 ini memperlihatkan pasukan Israel melakukan operasi militer di Jalur Gaza./IDF/HO via Xinhua
Ilustrasi - Foto yang dirilis Pasukan Pertahanan Israel (IDF) pada 1 Januari 2024 ini memperlihatkan pasukan Israel melakukan operasi militer di Jalur Gaza./IDF/HO via Xinhua /

BANJARNEGARAKU.COM - Pertempuran di Gaza telah membawa tantangan baru bagi para tentara Israel, bukan hanya dalam hal taktik perang, tetapi juga kesehatan kaki mereka. Dokter kulit telah merawat ratusan prajurit yang menderita infeksi kaki parah akibat kondisi yang unik selama bertempur.

Sepatu bot militer yang dirancang untuk melindungi kaki tentara dengan rapat ternyata memiliki dampak kesehatan yang tidak terduga. Meskipun dirancang untuk beradaptasi dengan kondisi lapangan dan melindungi dari memar, ventilasi yang tidak memadai di sepatu tersebut menjadi penyebab munculnya masalah kesehatan yang serius.

Baca Juga: Al Qassam Gunakan Taktik Cerdik, Tentara Zionis Masuk Rumah Jebakan

Menurut laporan media Ibrani, prajurit sering terpaksa mengenakan sepatu bot yang sama selama beberapa hari atau bahkan berminggu-minggu. Kondisi ini menciptakan apa yang disebut sebagai "iklim mikro" di dalam sepatu, dengan suhu yang meningkat dan kelembapan tinggi.

Dr. Etti Sharig, seorang dokter kulit dari Meir Medical Center, menjelaskan seperti dilansir dari Roya news bahwa efek penyegelan sepatu militer menyebabkan keringat berlebih, yang kemudian memicu tingkat pertumbuhan bakteri dan jamur yang sangat tinggi di kaki, terutama dalam kondisi pertempuran yang intens."

Prajurit yang menderita infeksi kaki akibat kondisi ini mendapatkan perawatan intensif. Mereka diobati dengan antibiotik oral dan pengobatan lokal pada kaki mereka. Selain itu, dokter memberikan instruksi kepada prajurit untuk memberikan ventilasi sebanyak mungkin kepada kaki mereka untuk mengurangi risiko infeksi.

Baca Juga: Belum Penah Terjadi Sebelumnya, Ribuan Tentara Israel Dilaporkan Cacat

Para dokter kulit yang terlibat dalam penanganan kasus-kasus ini menekankan pentingnya peningkatan desain sepatu militer, khususnya dalam hal ventilasi. Upaya untuk mengurangi "iklim mikro" yang panas dan lembap di dalam sepatu dapat menjadi langkah kritis dalam menjaga kesehatan kaki prajurit selama dan setelah bertempur.

Meskipun tantangan ini mungkin terlihat sepele, kesehatan kaki yang baik memiliki dampak besar pada kesiapan dan efektivitas tentara di medan pertempuran. Oleh karena itu, perhatian terhadap aspek-aspek kesehatan yang mungkin terabaikan dalam desain peralatan militer menjadi semakin penting untuk memastikan kesejahteraan keseluruhan prajurit.***

Editor: Afif Fatkhurahman

Sumber: Roya News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x