Prakiraan Musim Kemarau BMKG untuk Kabupaten Banjarnegara, Terjadi El Nino

- 27 Maret 2024, 12:41 WIB
TNI berbagi air bersih di Parakancanggah Banjarnegara pada musim kemarau Oktober 2023
TNI berbagi air bersih di Parakancanggah Banjarnegara pada musim kemarau Oktober 2023 /Brave

BANJARNEGARAKU.COM - Badan Meteorologi dan Klimatologi (BMKG) Jawa Tengah mengeluarkan rilis prakiraan musim kemarau di sekitar Banjarnegara dan Jawa Tengah untuk tahun 2024. 

BMKG mendasarkan prakiraan musim kemarau pada hasil pengolahan dan analisis data. BMKG juga memperhatikan perkembangan kondisi fisis dan dinamika atmosfer regional dan global yang sedang berlangsung. Ada kemungkinan kecenderungan kondisi ini dapat mempengaruhi kondisi iklim di Jawa Tengah juga Banjarnegara. 

Baca Juga: Jelang Lebaran! Pj Bupati Banjarnegara Sidak Pasar Kota dan Toko Modern

Pengamatan yang dilakukan BMKG Stasiun Klimatologi Jawa Tengah memberikan hasil bahwa

  • IOD (Indian Ocean Dipole) menunjukkan kondisi Netral dan diprediksi bertahan hingga pertengahan tahun 2024.
  • Anomali suhu permukaan laut perairan Indonesia pada April hingga September 2024 diprediksi hangat (lebih hangat dari rata-ratanya). 
  • Monsun Australia diprediksi mulai aktif memasuki wilayah Indonesia April 2024.

Kondisi di atas berpengaruh pada ENSO (El Niño Southern Oscillation). Pengamatan menunjukkan kondisi El Niño Moderat. Sedangkan prediksi BMKG, El-Niño moderat ini secara gradual akan beralih menjadi Netral mulai April 2024. Sesuai update Dinamika Atmosfer pada Dasarian (sepuluh harian) ke-1 Bulan Maret 2024.

Baca Juga: Rekomendasi Oleh-oleh Khas Dieng Banjarnegara untuk Kawan Kantor

Perkiraan awal musim kemarau Jawa Tengah secara umum terjadi pada awal Mei 2024. Kabupaten Banjarnegara sisi barat laut kemungkinan akan masuk musim kemarau pada pertengahan April 2024 ini. 

Walaupun musim kemarau, diperkirakan masih terjadi hujan. Sifat Hujan periode Musim Kemarau Tahun 2024 umumnya Normal (N) – Atas Normal (AN). Sukasno, S.TP, MM, Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Jawa Tengah menjelaskan perkiraan puncak kemarau 2024.

“Puncak Musim Kemarau tahun 2024 umumnya diperkirakan terjadi pada bulan Juli dan Agustus tahun 2024. (Sedangkan) puncak Musim Kemarau 2024 umumnya lebih cepat (Maju) dari Normalnya,” jelasnya di Semarang pada 26 Maret 2024. 

Halaman:

Editor: Aris BRAVE

Sumber: BMKG Jateng


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x